Lihat ke Halaman Asli

Yusuf Bahrudin

Menjadi manusia biasa

Membangun Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pemanfaatan Media Digital

Diperbarui: 21 Februari 2022   18:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MEMBANGUN EKONOMI KREATIF DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PEMANFAATAN  MEDIA DIGITAL

Oleh: Yusuf Bahrudin (1802036107)

Email: yusufdot780@gmail.com

Pandemi COVID-19 telah banyak menyebabkan dampak yang merugikan pada seluruh negara terutama di Indonesia. Khususnya pada sektor perekonomian. 

Pemerintah menetapkan kebijakan pembatasan sosial (social distancing), sejak naiknya angka positif sebagai upaya pencegahan dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19 di lingkungan masyarakat. 

Kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah di Indonesia khususnya dalam pemerintahan daerah memberikan solusi dalam upaya mengurangi penyebaran COVID-19. Akan tetapi kebijakan yang ditetapkan justru menimbulkan permasalahan baru.

Hal tersebut menyebabkan dampak kerugian yang sangat pesat terhadap UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) khususnya pelaku usaha dalam bidang kuliner. Kebijakan ini memaksakan adanya pembatasan pengunjung dan jam operasional kerja yang sudah di tetapkan. 

Hal tersebut jelas memberikan dampak kerugian besar terhadap pelaku usaha kuliner karena ada beberapa dari mereka membuka usahanya pada malam hari. Selain itu, kebijakan tersebut membuat minim daya beli masyarakat dikarenakan kebijakan tersebut mengimbau kepada masyarakat agar di rumah.

Pentingnya Strategi Pemasaran Dengan Penggunaan Media Digital

Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam perekonomian di Indonesia mencerminkan peran penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) dapat menjadi salah satu garda terdepan dalam pencapaian pilar ekonomi SDGs dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, inovasi bisnis, adaptasi dan mitigasi dampak negatif ekonomi, sosial dan lingkungan pada operasi bisnis untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Sektor bisnis memiliki peran penting untuk mencari solusi melalui teknologi, inovasi dan investasi. Sektor bisnis juga memiliki peran penting dalam mengatasi dampak negatif pada lingkungan dan keadaan sosial melalui rantai nilai dan rantai pasok operasi bisnis mereka. Hingga kini, sektor bisnis juga memiliki peran penting dalam mengembangkan perekonomian demi mencapai SDG's.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline