Lihat ke Halaman Asli

Yustisia Kristiana

TERVERIFIKASI

Akademisi

Harmoni Budaya di Masjid Cheng Ho Palembang

Diperbarui: 12 November 2022   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masjid Cheng Ho Palembang (foto: dokumentasi pribadi)

Abad pertengahan dalam sejarah dunia dikenang dengan maraknya ekspedisi maritim berbagai kerajaan dan bangsa dengan berbagai tujuan termasuk Gospel, Gold, dan Glory.

Salah satu tokoh termashyur dari masa ini adalah Cheng Ho yang melakukan perjalanan mewakili Kekaisaran Ming dengan armada laut terbanyak yang pernah tercatat dalam histori.

Cheng Ho adalah seorang penjelajah asal Tiongkok yang dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho. Cheng Ho keturunan Suku Hui, yaitu suku minoritas di Tiongkok yang mayoritas beragama Islam.

Cheng Ho memulai ekspedisi pada tahun 1405 hingga 1433, mengunjungi Afrika dan Asia, termasuk Indonesia. Ekspedisi ini membawa misi diplomatik untuk menghidupkan jalur perdagangan laut dan menjalin hubungan dengan negara-negara di luar Tiongkok.

Yang menarik dari perjalanan ini adalah walaupun Cheng Ho datang dengan armada yang sangat besar, namun tidak ada tujuan untuk penaklukan, penjajahan, ataupun kolonialisasi. 

Perjalanan Cheng Ho memiliki peran penting dalam peta navigasi dunia di masa itu dan diyakini memberikan pengaruh besar dalam penyebaran Islam di nusantara.

Sejarah mencatat bahwa dalam tujuh kali ekpedisinya, Cheng Ho selalu mengunjungi Indonesia, dan sebanyak empat kali berlabuh di Palembang.

Tujuan Cheng Ho berlabuh di Palembang adalah untuk menumpas perompak di kawasan perairan Palembang sehingga pelayaran di kawasan tersebut dapat berjalan dengan aman.  

Selain membantu menjaga keamanan perairan, Cheng Ho juga berperan dalam penyebaran agama Islam, bukan hanya di Palembang tetapi juga di banyak daerah lain di wilayah Indonesia.

Untuk mengenang penyebaran Islam oleh Cheng Ho di Palembang, didirikanlah Masjid Cheng Ho.

Masjid Cheng Ho

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline