Lihat ke Halaman Asli

Keselarasan Antara SDA dengan SDM di Indonesia

Diperbarui: 27 Desember 2015   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar setelah China, India, dan Ameruka Serikat. Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya, Indonesia belum mampu mensejahterakan semua penduduknya, baik dalam aspek ekonomi, pendidikan maupun kesehatan. Hal ini tidak sesuai dengan keadaan Indonesia jika dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki, baik sumber daya alam hayati maupun non hayati. Sumber daya alam adalah semua hasil bumi yang terdapat di alam yang dapat di manfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Melimpahnya sumber daya alam Indonesia seperti minyak bumi yang berlimpah, air mineral dari pegunungan, banyaknya jenis tumbuhan, dan tanah yang subur, masih belum mampu menjadikan Indonesia sebagai negara yang makmur dan sejahtera. Akibat dari banyaknya penduduk yang belum sejahtera ialah mengakibatkan banyak permasalahan yang berhubungan dengan masalah kependudukan. Adapun masalah – masalah kependudukan di Indonesia yaitu :

Besarnya jumlah penduduk

Jumlah penduduk di Indonesia dari hasil sensus 2010 mencapai angka 237.641.326 (www.bps,go.id). Dari tahun ke tahun jumlah penduduk jumlah penduduk di Indonesia selalu meningkat. Jumlah penduduk yang besar memiliki andil dalam berbagai permasalahan lingkungan dan aspek lainnya. Contohnya saja

  • Persaingan lapangan pekerjaan, pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan, kurangnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, penduduk lebih senang menggantungkan diri terhadap mencari pekerjaan daripada membuka lapangan pekerjaan.
  • Persaingan untuk mendapat pemukiman, persaingan untuk mendapatkan pemukiman yang layak huni ini sering terjadi di daerah perkotaan. Namun masih banyak juga masyarakat Indonesia yang tinggal di pemukiman yang tidak layak huni dikarenakan faktor ekonomi.
  • Rendahnya tingkat pendidikan, pengetahuan masyarakat yang rendah mengakibatkan sulitnya masyarakat menerima hal – hal yang baru. Pengetahuan yang rendah juga menjadi salah satu faktor sulitnya mencari pekerjaan, kesejahteraan yang rendah dan kriminalitas yang meningkat akibat kebutuhan ekonomi dan sempitnya lapangan pekerjaan.
  • Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk

Besarnya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia membuat pertambahan penduduk semakin meningkat, oleh karena itu banyak yang perlu dipertimbangkan, baik dalam hal penyediaan sarana maupun prasana. Pemerintah juga berusaha untuk menekan laju pertumbuhan dengan diadakannya program KB, penundaan usia perkawinan yang diharapkan dapat menurunkan laju pertumbuhan di Indonesia.

Persebaran penduduk yang tidak merata

Penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta jiwa pada saat ini mendiami hampir seluruh pulau yang ada dinegeri ini. Namun persebaran penduduk Indonesia antara provinsi satu dengan provinsi yang lain tidaklah merata, hampir lebih dari 50% jumlah penduduk Indonesia mendiami pulau Jawa. Sedangkan pulau lain, misalnya Kalimantan, Sumatera, dan Papua jumlah penduduknya cenderung sedikit.

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, apabila sumber daya alam ini bisa dimanfaatkan dengan baik, maka akan menjadikan sumber penghasilan bagi penduduk Indonesia dan akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan sumber daya alam di bidang pertanian misalnya, masyarakat melakukan pengolahan hasil tani untuk menghasilkan bahan pangan, memanfaatkan hasil laut seperti mendayagunakan potensi sumber laut di bidang perikanan, mengolah sumber daya alam seperti batu bara atau bahan baku industri lainnya atau sumber energi untuk mengelola lingkungan hidup. Meskipun sudah banyak pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan oleh sebagian penduduk, hal ini belum mampu mengentaskan masalah kemiskinan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Penyebabnya ialah kurangnya potensi sumber daya manusia untuk mengolah, tanggap, dan peduli akan kekayaan yang di miliki oleh Indonesia. Ditambah lagi, saat ini penduduk Indonesia semakin bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun, sedangkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia belum memenuhi jika dilihat dari pendidikan dan ketrampilan yang dimiliki.

Hal yang perlu dilakukan ialah, masyarakat mulai menanamkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, mulai aktif untuk berkreasi, mencari peluang dan membuka lapangan kerja. Adanya dukungan dari pemerintah dalam memberikan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam secara baik dan produktif, meningkatkan penelitian dan pengembangan potensi manfaat sumber daya alam tersebut, serta memberikan pelatihan dan ketrampilan kepada masyarakat di semua sektor. Semua hal tersebut perlu diupayakan demi menjadikan Indonesia lebih baik kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline