Lihat ke Halaman Asli

Metode Door-to-Door dalam Penyampaian Pembelajaran Guru terhadap Siswa

Diperbarui: 21 Juni 2021   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal Rainbow Matriks Sebagai Hasil Inovasi Pembelajaran Matematika (unsplash/taylor-wilcox)

"Untuk metode pembelajaran yang dianjurkan oleh pemerintah selama pandemi covid 19 yaitu metode pembelajaran berbasis online."

Seperti yang kita ketahui, saat ini di indonesia bahkan di dunia sedang gencar nya peperangan terhadap pandemi virus covid19.

Hal ini memberikan banyak dampak dari covid19 tersebut, diantaranya seperti pada bidang ekonomi, masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dikarenakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan himbauan untuk tetap dirumah. 

Juga, terdapat beberapa kasus kehilangan pekerjaan seseorang akibat dari covid19. 

Dari segi pariwisata, jumlah pengunjung di berbagai tempat pariwisata mengalami penurunan sehingga berakibat besar terhadap penghasilan dari daerah pariwisata tersebut. 

Dari segi pendidikan, sekolah-sekolah di liburkan dan siswa di himbau untuk belajar di rumah masing-masing. Untuk metode pembelajaran yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu metode pembelajaran berbasis online.

Baca juga : Dampak Siswa Dalam Penggunaan Gadget pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Namun, menurut penulis metode pembelajan berbasis online memiliki banyak kelemahan. Diantaranya siswa membutuhkan koneksi internet sehingga menambah biaya pengeluaran untuk membeli paket internet. Juga, membutuhkan smartphone tentunya. Lantas, bagaimana jika tidak memiliki smartphone dan internet?.

Kemudian sulitnya akses sinyal di indonesia. Di beberapa daerah bahkan ada siswa yang mendaki ke perbukitan untuk mencari sinyal. Bukan hanya itu, siswa cenderung bermalas-malasan jika belajar di rumah. 

Siswa lebih memilih rebahan, main game, dan lain-lain saat berada dirumah. Lalu hal yang paling mengkhawatirkan adalah siswa mengalami stress akibat karantina yang terlalu lama dan tugas-tugas sekolah saat pembelajaran online berlangsung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline