Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Tanpa Wakil di India Open

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1396716206287912647

[caption id="attachment_318741" align="aligncenter" width="565" caption="Tontowi/Liliyana, tribunnews.com"][/caption]

India open superseries telah memasuki babak final besok. Harapan satu-satunya memeroleh gelar di ganda campuran pupus, usai andalan merah putih disektor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir gagal melangkah ke partai puncak. Owi/Butet sapaan akrab mereka, gagal menghadang ganda Korea Ko Sung Hyuan/Kim Ha Na. Ganda Indonesia kalah dua game 20-22 dan 18-21. Ganda Korea yang diunggulkan di tempat ke empat dalam turnamen ini bermain taktis. Smes-smes Tontowi berkali-kali mudah dipatahkan oleh ganda Korea ini.

Sejak awal game pertama dan kedua ganda Korea selalu berusaha untuk tanpil menekan di awal-awal game. Tontowi/Liliyana berusaha untuk merubah pola permainan mereka di awal game kedua, namun ganda Korea ternyata sudah mengantisipasi. Dari rekor pertemuan sebelumnya, di mana ganda Korea selalu kalah ketika berhadapan dengan ganda Indonesia ini termasuk di final India open tahun lalu sudah memelajari permainan Owi/Butet lewat video youtube. Sehingga hasilnya, ganda Korea memenangkan laga semifinal kali ini dan atas kemenangannya, mereka (Ko/Kim) berhak atas tiket kefinal. Di partai puncak besok, mereka akan ditantang ganda Denmark, Joachim Fischer Nelsen/Christina Pedersen (unggulan 3). Ganda Denmark lolos ke final usai mengandaskan unggulan satu asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei 14-21,21-6, 21-18.

Kekalahan Tontowi/Liliyana atas ganda Korea sekaligus mengubur impian mereka untuk meraih gelar ke empat secara beruntun di kejuaraan India open. Tahun 2011, 2012, dan 2013 Owi/Butet merajai sektor ganda campuran. Gagalnya Tontowi/Liliyana ke final, sekaligus mengubur impian Indonesia untuk meraih gelar juara di kejuaraan India Open Superseries. Bagi ganda Korea, ini adalah kemangan perdana mereka atas ganda Indonesia. Rekor head to head berubah menjadi 1:2 untuk kemenangan pasangan Tontowi/Liliyana.

Berikut jadual final India Open besok:

WD: Jung Kyun Eun/Kim Ha Na (KOR) vs Tang Yuanting/Yu Yan (CHN)

MD: Liu Xiaolong/Qiu Zihan (CHN/3) vs Mathias Boe/Charsten Mogensen (DEN/2)

WS: Li Xuarei (CHN/1) vs Wang Shixian (CHN/2)

XD: Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (DEN/3) vs Ko Sung Hyuan/Kim Ha Na (KOR/4)

MS: Lee Chong Wei (MAS/1) vs Long Chen (CHN/2)

Salam bulutangkis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline