Salam guru penggerak tergerak, bergerak, menggerakan
Saya Yusrika, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel yang berisi tentang jurnal refleksi dwimingguan modul 1.1. Jurnal ini saya buat untuk mereksikan diri saya setelah mengikuti Peendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 11 selama 2 minggu. Jurnal ini akan dibuat secara rutin setiap perdua minggu sebagai salah satu tugas wajib yang harus dikerjakan oleh Calon Guru Penggerak.
Penulisan jurnal refleksi modul 1.1 ini menggunakan model 1 (satu) yaitu model 4F (fact, feeling, findings, dan future. 4F adalah model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F diterjemahkan menjadi 4P yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, penerapan.
Berikut jurnal refleksi dwimingguan saya :
1. Peristiwa (Fact)
Pendidikan Calon Guru Penggerak ini dimulai dengan mempelajari modul 1.1 tentang mulai dari diri kemudian eksplorasi konsep di ruang diskusi virtual yang dipandu oleh fasilitator Bapak Dwi Setyono. Pada kegiatan mulai dari diri dan eksplorasi konsep ini, kami mulai memahami konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran. Kami juga melakukan diskusi di ruang diskusi virtual dengan fasilitator dan teman Calon Guru Penggerak lainnya sehingga bertambahlah pemahaman kami tentang pendidikan.
Dua pekan saya menambah wawasan melalui pelatihan mandiri dan diskusi virtual di LMS tentang refleksi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Adapun serangkaian kegiatan yang saya pelajari di LMS adalah mulai dari diri, eksplorasi konsep, forum diskusi, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata.
2. Perasaan (Feeling)
Selama dua minggu saya telah mengikuti beberapa kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak. Perasaan saya pada saat pertama kali mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak ini adalah takut, ragu bercampur bahagia dan bangga. Ragu dan takut apabila nanti saya tidak bisa membagi waktu sehingga saya tidak bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik karena mungkin nantinya akan ada kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak ini yang pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan di sekolah. Perasaan bangga karena saya termasuk ke dalam kategori guru yang lulus mengikuti serangkaian tes untuk mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak ini. Selain itu juga ada rasa bahagia karena dengan mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak ini, saya bisa menambah wawasan dan mengembangkan kompetensi diri di dunia pendidikan yang saya geluti saat ini. Semangat yang kuat bisa membunuh rasa takut dan ragu yang pernah terlintas di benak saya. Saya pun sangat senang bisa berada disekeliling orang-orang hebat, yang ingin sama-sama berkembang untuk menjadi lebih baik.
Selama dua pekan mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak ini banyak ilmu yang saya peroleh. Mulai dari apa definisi pendidikan dan pengajaran yang