Pembelajaran Berdiferensiasi
Di TK Galura Winaya Kecamatan Sukahaji
Oleh : Yusmiati
CGP Angkatan 6 Kabupaten Majalengka
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah strategi atau usaha guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam atau merespon perbedaan pada siswa dalam kelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa.
Pembelajaran berdiferensiasi lebih mengedepankan pada keputusan masuk akal guru dalam merespon kebutuhan indvidu murid, sehingga paradigma differensiasi menjadi sebuah pembelajaran berpihak pada murid. Sebagai guru bisa menciptakan suasana pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan selain itu harus memperhatikan kebutuhan belajar murid baik itu kebutuhan akan kesiapan belajar murid, minat belajar dan profil belajar murid ( gaya belajar murid).
Kebutuhan belajar murid sangat beraneka ragam dan berbeda sebagai guru harus bisa mengetahui dan memahami keberagaman tersebut. Untuk itu menuntun dan mengarahkan murid agar dapat memenuhi semua kebutuhan murid dengan baik.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas B TK Galura Winaya yaitu dengan menentukan tujuan kegiatan pembelajaran, membuat rencana pembelajaran, menyiapkan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, memberikan pembelajaran yang beraneka ragam yang menarik minat murid untuk belajar dan dapat di mengerti dan sesuai dengan kemampuan murid dan mengevaluasi hasil kegiatan murid.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid yaitu guru memetakan kebutuhan belajar murid yang beragam dengan melihat sejauh mana kesiapan belajar murid dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan menerima setiap materi yang dijelaskan walaupun kebutuhan murid berbeda-beda, kita harus memahami dan mengetahuinya serta dapat menggunakan strategi betul.
Guru juga harus melihat kebutuhan minat murid dengan menjaga minat murid sehingga murid mampu mengembangkan minat yang ada dalam dirinya. Selain itu guru juga memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar sesuai dengan apa yang di inginkan oleh murid serta gaya belajarnya. Guru hanya sekedar menuntun dan mengarahkan murid agar murid dapat memenuhi kebutuhan belajarnya.
Untuk mencapai hasil belajar yang optimal guru dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran berdiferensiasi diantaranya yaitu dengan menggunakan strategi diferensiasi konten mencakup materi yang harus dipelajari siswa atau bagaimana siswa akan mengakses kontent tersebut.