Lihat ke Halaman Asli

Yurun Nob

Mahasiswa universitas indraprasta PGRI jakarta

Alat Musik Sasando

Diperbarui: 26 April 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Saya sedikit cerita tentang musik yang satu ini yaitu musik sasando yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.Musik sasando lahir dari Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) Alat musik ini adalah alat musik modern yang sangat terkenal di luar negeri karna suara nya merdu dan indah di dengar.

Sejarah musik sasando

alat musik ini banyak pihak yang bercerita bahwa penemuan alat musik ini adalah 2 orang sahabat yakni peminum tuak dan pengembala dan ada juga yg berpendapat bawha penemuan sasando ini adalah eorang pria bernama Pupuk Soroba. Dia melihat seekor laba-laba besar bermain di sarang dan mengeluarkan suara yang indah. Dari situlah dia terinspirasi untuk membuat Alat musik Sasando ini.musik sasando era90-an, Masa Kejayaan rote ndaon.

Fungsi alat musik sasando ini adalah salah satu alat musik yang memiliki suara berfariasa merdu.

Misik sasando ini sangat diminati oleh masyarakat rote ndaon dan sekitar nya.bahkan banyak pihak yang berbondong-bondong untuk belajar agar tau cari memainkan nya..dan setau saya alat musik sasando ini di mainkan secara di petik bagi orang ntt musikk sasando adalah musik yang perlu di kembangkan.

Alat musik ini sering di gunakan dalam acara penyambutan atau pun acara adat di Nusata tengara Timur.dan masyarakat Ntt juga sangat menikmati musik ini.Alat musik sasando di mainkan secara di petik dan seluruh masyarakat NTT sangat asyarakat Rote Ndao hingga ke kota kupang alat musik satu ini yang bisa di maikan oleh orang-orang yang mampu memaikan saja




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline