Lihat ke Halaman Asli

Yurike Utari

Mahasiswi

Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Kegiatan Identifikasi Ilmiah Tumbuhan

Diperbarui: 2 Desember 2022   20:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Umi Laila Ramadhan, Yurike Utari, Nidya Nur Annisa

Universitas Negeri Malang

Program Asistensi Mengajar merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Universitas Negeri Malang, khususnya bagi mahasiswa kependidikan. Program tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperdalam ilmu yang dimiliki, serta meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan dan relevansi pada setiap jenjang pendidikan sesuai dengan perkembangan ipteks. Dalam hal ini, mahasiswa dapat menyalurkan ide-ide inovatif terkait dengan pembelajaran di sekolah.

Program asistensi mengajar (AM) terdiri dari 3 kegiatan utama, diantaranya kegiatan akademik, non akademik dan administrasi sekolah. Program asistensi mengajar dilakukan di semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD sampai SMA. Salah satu sekolah yang menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Malang dalam program asistensi mengajar adalah SMP Negeri 1 Turen.

Program asistensi mengajar di SMP Negeri 1 Turen diikuti oleh 14 mahasiswa dari berbagai program studi. Terdapat beberapa kegiatan yang telah dirancang dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang memuat kegiatan akademik, non akademik dan administrasi di SMP Negeri 1 Turen. Salah satu kegiatan non akademik yang telah dilaksanakan adalah kegiatan mengidentifikasi tumbuhan di lingkungan sekolah sebagai upaya peningkatan literasi sains siswa. Kegiatan ini dikoordinatori oleh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan IPA dan diikuti oleh seluruh mahasiwa asistensi mengajar di SMP Negeri 1 Turen lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dialami oleh siswa, yaitu kurangnya daya tarik dalam membaca, serta kurangnya pengetahuan terhadap jenis-jenis tumbuhan di sekolah. Luaran dari kegiatan ini berupa penulisan taksonomi setiap tumbuhan di area greenhouse dan lingkungan sekolah. Pada tanggal 27 Agustus 2022 dilakukan pengecekan kondisi tumbuhan di greenhouse dan lingkungan sekolah. Kemudian, dilanjutkan dengan pendataan jenis- jenis tumbuhan, identifikasi spesies serta taksonominya.

Dokpri

Gambar 1. Pendataan tumbuhan greenhouse dan lingkungan sekolah

Setelah mendata seluruh tumbuhan di area greenhouse dan lingkungan sekolah, selanjutnya dilakukan pengklasifikasian setiap tumbuhan tersebut berdasarkan tingkat taksonomi dan pembuatan format penulisan yang akan dibuat dan ditempelkan pada masing- masing tumbuhan. Format penulisan ini terlebih dahulu dikonsultasikan kepada guru pamong dan koordinator program asistensi mengajar. Setelah format penulisan tersebut disetujui, maka dilakukan penulisan taksonomi untuk setiap jenis tumbuhan yang ada.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline