Lihat ke Halaman Asli

Yuri Handoko

Guru SMA Negeri 2 Timang Gajah Kab. Bener Meriah Aceh

Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1

Diperbarui: 12 September 2023   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh, salam bahagia salam guru penggerak

Pada eksplorasi konsep kali saya akan mengangkat kasus yang pertama dengan deskripsi kasus sebagai berikut.

Kasus 1

Pak Frans merupakan guru matematika di SMP Karunia. Pak Frans dikenal sebagai guru yang rajin, ramah, penyabar, dan disukai murid-muridnya. Suatu hari ia sedang mengajar di kelas 8A, guru piket tergopoh-gopoh tiba di depan kelasnya dan mengatakan ada ayahnya Andreas, salah satu murid di kelas 8A di ruang tamu sekolah. Guru piket mengatakan pada pak Frans bahwa ayahnya Andreas ingin menjemput Andreas dan memintanya untuk membantunya bekerja di ladang. Ia juga mengatakan bahwa ayah Andreas datang sambil marah-marah bahkan mengacung-acungkan parang.

Pak Frans pun memanggil Andreas dan mengatakan bahwa ia dijemput ayahnya pulang. Andreas langsung memohon sambil menangis agar Pak Frans tidak mengizinkan ia pulang bersama ayahnya. Andreas berkata ia ingin belajar di sekolah dan ia takut dimarah-marahi oleh ayahnya bila membantu ayahnya di ladang, bila melakukan kesalahan sedikit saja. Pak Frans bimbang, antara memenuhi permintaan Andreas atau tidak. Dalam situasi dan kondisi seperti itu, akhirnya Pak Frans memutuskan untuk membawa Andreas ke ruang kepala sekolah, dan meminta saran dari kepala sekolah. Bila Anda adalah kepala sekolahnya, saran apa yang akan anda berikan pada Pak Frans, dan apa alasannya?

Hasil Analisis Study kasus

1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Paradigma yang terjadi dari kasus tersebut adalah paradigma kebenaran melawan kesetiaan ( atau truth vs loyalty ) pada kasus ini sang anak disatu sisi juga harus setia dan patuh kepada orang tuanya disisi yang lain sang anak juga merupakan seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu juga demi masa depan iya dan keluarganya.

Nilai-nilai yang saling bertentangan pada kasus tersebut ialah nilai nilai saling menghargai dan nilai tanggung jawab

2. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline