Lihat ke Halaman Asli

Yupiter Sulifan

Seorang pendidik di sekolah lanjutan atas negeri di Sidoarjo

Trik Anggrek Rajin Berbunga

Diperbarui: 28 Februari 2022   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuntum anggrek yang berjibun (foto koleksi pribadi)

Bagi pecinta tanaman hias, bunga anggrek adalah salah satu dari sekian bunga yang favorit. Mengapa? Selain keindahan bunganya juga waktu yang realtif lama menunggu muncul kuntum bunga, ini yang menjadikan rasa penasaran yang tersendiri. Tak jarang, anggrek yang sudah lama dirawat dengan penuh kasih sayang tapi tidak jua berbakti (bunga tidak kunjung muncul). 

Hal inilah yang sering kali menyebabkan penghobi tanaman hias menjadi enggan untuk memelihara bunga anggrek. Patah semangat karena bunga anggreknya tidak kunjung berbunga. Ada banyak faktor yang mempengaruhi bunga anggrek berbunga. Dan banyak pengalaman penghobi tanaman hias dengan menggunakan aneka tips dan trik agar bunga anggreknya rajin berbunga. 

Walaupun secara alami, anggrek ini akan berbunga dalam setahun bisa satu atau dua kali masa berbunganya. Semua tergantung dari jenis anggreknya masing-masing. Berikut ini, penulis merangkum aneka tips dan trik dari penghobi tanaman hias yang sudah sukses membungakan anggreknya secara rutin.

1. Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang mengenai tanaman anggrek bisa secara langsung tapi ini hanya beberapa jam saja. MIsalnya pagi hari hingga menjelang siang, setelahnya anggrek tidak langsung terpapar sinar matahari secara langsung. 

2. Sirkulasi Udara

Tanaman anggrek juga butuh sirkulasi udara yang lancar lagi nyaman. Bukan tersembunyi diantara pepohonan atau ranting. Tanaman anggrek butuh udara yang lancar. los tidak terhalang oleh sesuatu.

3. Frekuensi Penyiraman

Bila musim hujan, tentu kita tidak usah menyiramnya. Bila musim kemarau, kita perlu menyiramnya setidaknya 3 atau 4 kalai dalam seminggu. Bisa dengan cara disiram langsung ataupun disiram dengan bantuan alat pengabut (semprotan dengan pengaturan air keluar seperti kabut).

4. Bahan Penyiram

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline