Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Karyawan Milenial Lebih Rentan Bosan Kerja, Kenali Dampaknya!

Diperbarui: 6 Oktober 2023   04:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebosanan ditempat kerja (sumber: pexels.com)

Salah satu ancaman serius dalam bekerja adalah ketika diserang oleh perasaan boring atau membosankan yang memiliki dampak serius baik bagi si karyawan maupun bagi perusahaan bila tidak dikelola secara tepat dan cepat.

Siapaun yang menjalani rutinitas dalam pekerjaan pernah mengalami suasana hati tidak nyaman—entah pekerjaan Anda tidak memuaskan atau hari kerja sangat lambat, kebosanan menyerang sebagian besar dari kita di tempat kerja, pun dalam perjalanan hidup setiap hari. Dipastikan keadaan ini bukanlah perasaan yang menyenangkan. 

Salah satu hasil kajian yang dicatat oleh Andreas Elpidorou, seorang peneliti di Universitas Louisville, bahwa kebosanan adalah serangan keadaan  yang ditandai dengan ketidakpuasan, kegelisahan, dan kelelahan…. Berada dalam keadaan bosan rasanya seperti terjebak secara emosional. 

Kebosanan dapat berdampak buruk pada organisasi secara serius bila tidak diantisipasi dan dikendalikan dengan tepat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Udemy, sebuah organisasi pengajaran dan pembelajaran online, menemukan bahwa karyawan yang merasa bosan cenderung dua kali lebih mungkin meninggalkan organisasinya dalam tiga hingga enam bulan ke depan. 

Karyawan muda milenial sangat rentan mengalami kebosanan di tempat kerja dan dua kali lebih mungkin mengalami kebosanan dibandingkan karyawan generasi baby boomer

Dalam studi lain yang dilakukan oleh Intelligence Group, 64 persen generasi milenial lebih memilih untuk melepaskan posisi bergaji $100.000 yang mereka anggap membosankan demi posisi $40.000 yang mereka sukai.

Sangat penting dan mendesak bagi setiap perusahaan untuk memahami dampak yang ditmbulkan oleh rasa bosan ini. Kebosanan di tempat kerja dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak dapat diterima dan dapat menimbulkan banyak masalah jika Anda tidak berhati-hati.

Pertama, dapat mengecewakan rekan kerja saat Anda sensitif bahkan tidak responsif dan ketika mereka membutuhkan Anda, terutama saat mereka tidak bisa bekerja dan bertumbuh tanpa Anda.

Kedua, kebosanan terkadang bisa berujung pada keluhan—walaupun hal ini mungkin tampak umum di organisasi (karena tayangan media di TV dan film tentang karyawan yang mengeluh), hal ini dapat menjengkelkan banyak karyawan, terutama mereka yang senang dengan pekerjaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline