Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Promote Creativity dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Memimpin di Era Digital

Diperbarui: 21 Desember 2021   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kreatif inovatif.| Sumber: Shutterstock/sutadimages via Kompas.com

"Apa yang harus dilakukan seseorang untuk bertahan hidup di abad kedua puluh satu?'' Jawaban teratas: "Latih kreativitas dan inovasi!" ~ Richard L Daft

Inilah sebuah simpulan penting hasil survei oleh Asosiasi Manajemen Amerika kepada 500 CEO yang dikemukakan oleh pakar kepemimpinan Richard Daft dalam buku teks-nya yang paling baru, untuk memulai pembahasan tentang Leading Change sebagai bab penutup buku yang digunakan secara luas di seluruh dunia.

Memimpin perubahan menjadi hakikat tugas seorang pemimpin ketika memasuki abad 21, ketika dunia memasuki perubahan yang didorong dan diikat sangat ketat oleh teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital sedemikian rupa, sehingga dunia menjadi sebuah komunitas kecil bagaikan Global Village (meminjam istilah McLeod dalam bukunya Management Information System).

Ilustrasi creativity dan inovasi | sumber: changeboard.com

Dunia sebagai sebuah desa global menjadikan semua orang menjadi dekat tanpa sekat yang bisa terkoneksi secara langsung, cepat, mudah, murah tanpa melihat batas negara, suku, agama, ras, dan pemerintahan sekalipun. Dan tidak bisa ditawar lagi, telah mengubah secara total tatanan ekonomi, bisnis, perdagangan di seluruh wilayah jagad dunia ini.

Setiap orang memiliki akses terhadap beragam sumber informasi, data, bahkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak harus melalui institusi formal, dan digunakan sesuai kebuutuhan untuk menjawab setiap masalah yang dihadapi, baik secara individual, keluarga, kelompok, komunitas bahkan organisasi publik.

Perubahan ini terus menerus akan terjadi dengan eskalasi yang semakin besar, cepat, masif, menyeluruh dengan dampak yang sifatnya turbulen yang menuntut kemampuan adaptasi dari siapa saja untuk bisa tetap eksis dalam jalur profesi yang ditekuni.

Dalam kontelasi perubahan demikian maka tugas seorang leader untuk memastikan organisasi berubah sesuai dengan kebutuhan untuk menanggapi ancaman, peluang, dan perubahan lingkungan. Artinya perubahan itu menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi dari waktu ke waktu tanpa henti dan tanpa batas.

Perubahan itu kebutuhan |sumber: shutterstock.com

Para pemimpin yang efektif harus menemukan cara untuk mempromosikan kreativitas dan inovasi, khususnya di departemen yang paling membutuhkannya. Sebagai contoh, beberapa organisasi, seperti rumah sakit, lembaga pemerintah, dan organisasi nirlaba, mungkin perlu sering mengubah kebijakan dan prosedur, dan pemimpin dapat mempromosikan kreativitas di antara pekerja administrasi secara terus menerus.

Promote Creativity

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline