Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Pemimpin yang Efektif Harus Terbebas dari Virus 3-NA

Diperbarui: 16 Agustus 2021   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pemimpin yang efektif dalam sebuah perusahaan. Sumber: UNSPLASH/LEO via Kompas.com

Tidak ada seorang pemimpin yang mau gagal dan dianggap tidak becus dalam memimpin. Dipastikan semua pemimpin mau berhasil, bahkan ketika tidak suskes pun masih tetap berharap diakui sebagai seorang pemimpin yang berhasil. 

Jarang sekali seorang pemimpin mengaggap dirinya gagal memimpin. Kalaupun tetap gagal, dia memiliki 1001 alasan mengapa terjadi demikian, dan tetap mengklaim dia tidak gagal.

Dalam sebuah perusahaan menjadi Presiden Dikretur, Direktur, CEO, COO, CFO, GM, Manajer bahkan Supervisor merupakan jabatan manajerial yang semua karyawan menginginkan berada disana, baik karena dia sangat ingin maupun karena dipilih oleh perusahaan. 

Semuanya itu memiliki tugas kepemimpinan dan menjalankan roda organisasi untuk menjadi perusahaan yang sukses secara terus menerus.

Semakin tinggi posisi manajerialnya, tentu semakin besar tugas dan tanggungjawab yang harus diemban, dan karenanya kemampuan, skill, serta pengetahuan yang dibutuhkan  juga semakin besar dan tinggi. Banyak yang sukses tetapi banyak yang gagal, tetapi lebih banyak yang kinerjanya rata-rata saja, antara berhasil dan "nyaris" gagal.

Pemimpin yang sukses karena memiliki sikap yang benar dalam menjalankan kepemimpinan, antara lain belajar dari kesalahan dan kegagalan, memperbaiki dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, melakukan adaptasi tiada henti dengan dinamika perubahan yang terus menerus terjadi dan mempengaruhi perusahaan yang dikendalikannya. 

Sebaliknya, pemimpin yang gagal adalah mereka yang cepat merasa puas dengan jabatan sebagai pemimpin dan tidak mau belajar memperbaharui diri dan kemampuannya dengan tuntutan perubahan yang semakin berat.

Ilustrasi Effective Leader | sumber : etea.edu.au

Bebas dari Virus 3-NA

Sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk menilai apakah seorang pemimpin berhasil atau gagal karena hasil pekerjaan seorang pimpinan itu menjadi kinerja keseluruhan sebuah perusahaan. 

Katakan saja, tingkat profit yang menjadi target 10% bisa dicapai, maka sesungguhnya dia berhasil memimpin. Apalagi kalau capaiannya melebih 10%, misalnya 25%, dia akan dianggap sangat berhasil.

Dalam kenyataan tentu tidak mudah mewujudkan angka profitabilitas 10%, karena harus mempu mengendalikan seluruh sumber daya yang dimiliki dalam sebuah dinamika irama kegiatan operasional dari hari ke hari selama satu tahun. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline