Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Kunci Rahasia Karyawan Mencapai Kinerja Terbaik Sepanjang Karir

Diperbarui: 21 Juni 2021   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kesuksesan dalam berkarir (sumber: leejessup.com)

Semua karyawan menginginkan pencapaian kinerja yang terbaik dan tertinggi, karena dengan performance yang prima akan memperoleh reward yang besar, fasilitas prima dan setumpuk peluang terbuka lebar menyosong masa depan karir yang cemerlang. Dan karenanya, dipastikan segala kemewahan akan mengikuti hari-hari yang dilewati.

Tidak mengherankan, kalau setiap karyawan akan terus bekerja keras tanpa mengenal lelah untuk mewujudkan pencapaian super primanya, atau high performance target. Kalau perlu bekerja ekstra keras untuk menjadi yang terbaik dalam mencapai penampilan kerja.

Hasil-hasil survei menunjukkan bahwa dalam kenyataan, yang betul-betul berada di puncak tidak terlalu banyak. 

Umumnya, kinerjanya hanya biasa-biasa saja. Dan lebih banyak lagi yang berada di bawah rata-rata. Dan ini tentu menarik, karena sesungguhnya semua pegawai dalam sebuah perusahaan memiliki kesempatan, dukungan serta fasilitas yang relatif sama. Tetapi, capaiannya sungguh sangat berbeda-beda.

Di mana letak persoalan yang dihadapi sehingga ada disparitas yang besar kinerja di antara para pegawai itu? Jawaban terhadap masalah ini, bisa rumit dan kompleks bagaikan lingkaran setan, tetapi bisa juga sederhana. 

Jawaban yang rumit, seperti yang selama ini dialami dan dilakukan oleh pada umumnya si karyawan maupun si manajemen itu sendiri. 

Mereka melakukan proses manajerial dalam payung SOP atau Standar Operating Procedur, tetapi situasi tidak berubah. Bahkan cenderung tenggelam dalam lingkaran proses manajemen rutin yang secara tradisional terus saja dilakukan. 

Jawaban yang ringkas, sederhana tetapi langsung menusuk pada jantung persoalan, yaitu bagaimana agar kinerja pegawai mencapai puncak dan terbaik sepanjang waktu. 

Ini menyangkut apa yang disebut sebagai sebagai planning performance, sebagaimana yang ditulis oleh Richartd Rudman dalam bukunya berjudul Performance Planning and Review (2016).

Bagian perencanaan kinerja ini nyaris terabaikan oleh manajemen dan apalagi si pegawai itu sendiri. Dan mereka terjebak kepada rutinitas operasional bisnis sehari-hari. 

Itu tentu penting, tetapi yang jauh lebih penting adalah perencanaan dan review performance si pegawai. Karena seluruh aktivitas yang dilakukan oleh semua orang dalam perusahaan tertuju pada pencapaian kinerja yang tetinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline