Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Kepatuhan Mengelola Risiko, Fondasi Kuat Memenangkan Persaingan

Diperbarui: 18 Maret 2019   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pixabay.com/

I. Bisnis itu risiko

Banyak bisnis gagal bahkan berakhir dengan gulung tikar hanya karena ketidakmampuannya dalam menyadari, mengelola dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola risiko yang harus dihadapi perusahaannya.

Bahkan, lebih parah lagi, ada banyak bisnis dijalankan tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang apa itu risiko, bagaimana mengenali, menganalisis dan mengevaluasi risiko. Sehingga usaha yang semula berjalan mulus, tiba-tiba kandas dan harus tutup warung karena persaingan yang ada.

Mengelola risiko menjadi tuntutan dan keharusan bagi siapa saja pelaku bisnis kalau mau usahanya berumur panjang, atau menjadi yang terbaik dalam persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang yang ada bukan semakin mudah tetapi semakin sulit, ketat, bahkan mengarah kepada "peperangan bisnis" setiap hari.

Memang menjadi pengusaha pada zaman now tidak semudah pada zaman old. Sekarang pengusaha tidak bisa tidur dengan nyenyak, karena persaingan yang dihadapi. Sangat mungkin, pelanggan yang selama ini setia dan loyal, bisa saja hilang dan kabur dalam semalam karena "dicuri" oleh pesaing.

II. Peran kepatuhan mengelola risiko

Kegiatan usaha bisnis yang terus mengalami perubahan dan peningkatan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, globalisasi dan integrasi pasar keuangan, membuat kompleksitas kegiatannya semakin tinggi. Kompleksitas kegiatan usaha yang semakin meningkat tersebut mengakibatkan tantangan dan masalah risiko yang dihadapi juga semakin besar  juga.

Melihat perkembangan tantangan dan risiko usaha yang semakin besar, maka diperlukan berbagai macam upaya untuk mitigasi risiko tersebut. Oleh karena itu diperlukan adanya peningkatan peran dan fungsi kepatuhan dan pemahaman manajemen risiko dalam pengelolaan risiko kepatuhan.

Pentingnya pemahaman peran dan fungsi kepatuhan sebagai bagian dari pelaksanaan frame work manajemen risiko di suatu organisasi perusahaan. Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau  Good Corporate Governance (GCG), risk management dan internal control menjadi prinsip-prinsip dasar acuan melaksanakan manajemen kepatuhan yang kerennya disebut compliance management.

Perlu dan penting memahami hal yang sangat mendasar dari konsep memenuhi kepatuhan:

Start from the top
Kepatuhan hanya akan efektif penerapannya jika terdapat kesungguhan dan komitmen tinggi dari manajemen puncak (owner, investor, direksi dan komisaris), termasuk para pejabat eksekutif organisasi tersebut. Keberadaan kebijakan dan prosedur kepatuhan yang telah ditetapkan harus diupayakan semaksimal mungkin oleh seluruh jajaran manajemen sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline