Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Mungkinkah Hidup akan Bertahan Tanpa Badai?

Diperbarui: 1 Desember 2018   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: sains.kompas.com

Banyak orang mengharapkan dan merindukan agar hidupnya tidak diterpa oleh badai. Sebuah harapan yang sangat bisa dipahami dan tentu saja harapan yang manusiawi sekali. Karena memang badai pasti tidak akan menyenangkan karena sangat mungkin akan menimbulkan kekacauan dalam hidup yang sedang aman tenteram begitu.

Tetapi, hanya segelintir orang yang sungguh-sungguh merenungkan dan lalu bertanya tentang badai dalam kehidupan ini. Seperti apakah hidup seseorang yang tidak pernah bersentuhan dengan badai?

Kemudian, saya membayangkan sebuah tanaman yang hidup dalam sebuah tempat yang aman dan tidak bersentuhan dengan badai, angin, hujan, panas, dan gangguan lainnya. Tanaman itu akan terus bertumbuh dengan cepat, besar dan nampak bongsor karena semua kebutuhannya dipenuhi dan disuapi.

Saat tanaman itu dibawa keluar dan bebas bersentuhan dengan berbagai rupa-rupa badai, maka tanaman itu pasti tidak tahan berdiri dari ancaman badai. Badannya tidak dirawat menjadi kuat sehingga dia akan tumbang, jatuh tergeletak, dan sangat mungkin akan mati.

Badai atau angin sakal sangat mungkin akan datang setiap saat di dalam perjalanan hidup seseorang. Anda dan saya akan mengalami terpaan dan hantaman berbagai rupa badai. Tidak ada orang, bahkan setiap makhluk yang hidup bebas dari terpaan, ancaman dan tekanan badai itu.

Ini menjadi sebuah kenyataan yang harus disadari oleh siapapun, bahkan itu telah menjadi hakekat hidup manusia yang hidup, yaitu badai menjadi bagian di sepanjang perjalanan hidup yang akan ditempuh. Hakekat hidup adalah berdampingan dan beriringan dengan berbagai badai.

Kekuatan, dan kehebatan seseorang akan nampak ketika menghadapi badai kehidupan. Artinya, ketika badai menerpa dengan kencangnya, sehingga Anda menjadi jatuh tergeletak. Lalu, pertanyaannya apakah Anda akan terus tergeletak saja di tanah, atau Anda bangkit dari kejatuhan dan berdiri, berlari mengejar dan mengejar apa yang menjadi destinymu.

Ketika Anda membiarkan tetap tergeletak di bawah tanah, maka akhir kisahnya jelas, yaitu kematian dan hidup akan berakhir. Saya sangat yakin, hanya orang "gila dan bodoh" yang mau mengambil pilihan terus tergeletak. Sebaliknya, orang yang hidup akan bangun, bangkit, berlari, maju, bertumbuh, berkembang dan bahkan melayang hingga setinggi-tingginya. Inilah hakekat manusia yang disebut hidup dan kehidupan.

Pesan penting dan kuat dari pikiran di atas adalah bahwa ketika Anda sudah bangun dan berlari, maka akan menemukan berbagai cara, strategi bahkan pendekatan bagaimana mengelola badai yang terus menerus datang menghampiri hidup Anda.

Salah satu nasehat bijak yang sangat maju dan revolusioner adalah jangan pernah takut menghadapi badai hidup, karena hidup itu bukan berputus asa karena akan datang badai. Sebab hidup bukan mengenai menunggu badai berlalu, tetapi, sesungguhnya, hidup itu berkaitan dengan bagaimana belajar menari dalam badai kehidupan.

Seperti seekor burung Rajawali, ketika badai datang menerpa dn menhantamnya, sang Rajawali akan berdansa dengan badai, dan menjadikan badai sebagai kapalnya untuk bisa terbang tinggi dan lebih tinggi lagi. Badai akan menolongnya untuk terbang lebih tinggi dan lebih ringan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline