Lihat ke Halaman Asli

Yupi Anto

Mahasiswa

Bangkitkan Motivasi Belajar Anak, Mahasiswa KKN UM Jember Menggelar Bocah Angon

Diperbarui: 19 Maret 2021   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(FOTO/DOK KKN UNMUH Jember kelompok 69 Menggelar Bocah Angon di Balai Desa Denok, Kabupaten Lumajang, Minggu 7/3/2021)


DENOK-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid 19 Kelompok 69 menggelar Bocah Angon kepada anak-anak Dusun Denok Kulon Desa Denok Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang,, 7/3/2021. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kelompok 69 di Desa Denok. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keprihatikan karena banyak anak yang mengalami penurunan motivasi belajar pada masa pandemi Covid-19.

Kegiatan Bocah Angon ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak yang mengalami penurunan di masa pandemi Covid-19 yang diakibatkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Motivasi belajar sangat penting bagi seorang anak. Motivasi sangat berkaitan erat dengan kebutuhan anak yang merupakan seorang siswa. Jika seorang siswa mengalami penurunan motivasi belajar, maka semangat belajarnya juga akan menurun.

Sebelum menggelar Bocah Angon, mahasiswa KKN melakukan sosialisasi tentang motivasi belajar pada siswa-siswi kelas 6 MI Nurul Islam Denok. Sosialisasi dilakukan sebagai media mengenalkan kegiatan Bocah Angon pada para siswa. Banyak anak yang mengalami menurun motivasi belajarnya.  Hal tersebut juga diakui oleh kepala sekolah MI Nurul Islam Sini Aminah,S.Pd.I "Sebelum masa pandemi Covid-19 anak-anak belajar dikelas di dampingi oleh guru, Namun sejak diterapkannya pembelajaran jarak jauh (PJJ), anak-anak haruss belajar mandiri di rumah. Latar belakang orang tua murid yang beragam, membuat anak harus belajar sendiri. Misalnya yang orang tuanya petani tidak bisa membantu belajar anaknya karena ke ladang, jadi anak harus belajar sendiri."

Mahasiswa KKN membantu anak-anak dengan mengelar kegiatan Bocah Anggon. Kegiatan ini meliputi belajar bersama, diskusi terkait kendala belajar disekolah, sosialisasi motivasi belajar, dan bermain bersama permainan tradisonal. Untuk meningkatkan motivasi belajar yang menurun akibat pembelajaran daring, dilakukan sosialisasi motivasi belajar dengan sisipi cerita-cerita yang membangkitkan semangat belajar. Permainan yang dipilih dalam kegiatan Bocah Angon adalah permainan tradisional asli Indonesia yakni Gobak Sodor, Lompat Tali dan Bermain Kelereng.

Acara Bocah Angon diselenggarakan di Balai Desa Denok tidak hanya di ikuti oleh siswa-siswi kelas 6 MI Nurul Islam Denok tetapi juga anak-anak yang bertempat tinggal disekitar balai Desa Denok dengan total keseluruhan 14 anak.

"Alhamdulillah acara Bocah Angon hari ini berjalan dengan lancar. Adik-adik sangat antusias mengikuti setiap acara. Ada satu kejadian yang unik ketika saya mengisi belajar bersama, dimana banyak anak yang tidak bisa pelajaran Bahasa Indonesia. Wah ini PR besar terutama bagi saya yang merupakan calon guru Bahasa Indonesia," Ujar Yupianto, Ketua Kelompok 69 UM Jember, Minggu (7/3/2021).

Kegiatan Bocah Angon tersebut dilakukan oleh enam mahasiswa KKN Kelompok 69 UM Jember. Mereka adalah Yupianto, Putrawan, Sirly Yulanda Firdaus, Abdul Majid, M. RifaI dan Rafly Akbar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline