Lihat ke Halaman Asli

Pasti menang persaingan usaha dengan kekuatan "hanya"

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

" Apa yang harus saya lakukan untuk memenangkan persaingan usaha di bisnis internet?" adalah pertanyaan yang berulangkali ditanyakan ke saya dan tim saya, dan selalu saya balik bertanya " Apa yang HANYA bisa orang dapatkan di usaha anda?" dan tidak banyak yang bisa menjawab hal ini.

Sebagai catatan, bahwa hal ini tidak hanya terjadi untuk pengusaha kecil dan menengah, untuk beberapa brand lokal yang sudah mapan pun ada yang tidak bisa menjawab , terlepas dari apakah memang mereka tidak pernah ditraining untuk mengetahuinya atau memang mereka tidak tahu. Menarik sekali ketika orang ingin memulai bisnis mereka, apakah itu bisnis sampingan, bisnis rumahan, ataupun bisnis di internet, banyak sekali yang langsung masuk tanpa banyak memikirkannya dahulu matang matang mengenai nilai tambah usaha mereka yang HANYA ditawarkan di toko mereka.

APAKAH ANDA SUDAH MEMIKIRKAN "HANYA" ANDA UNTUK PERSAINGAN BISNIS ANDA?

Apakah anda mulai mendapatkan gambarannya sekarang? apakah anda mulai dapat melihat sebenarnya apa yang sudah anda tawarkan dan hanya usaha anda yang bisa menawarkannya ke pelanggan anda? Apabila belum, maka kata jack trout dapat dipastikan tidak lama lagi atau malah sekarang ini anda berada pada yang namanya lingkaran setan usaha yaitu " PERANG HARGA" apakah anda sedang melakukan perang harga sekarang? apabila iya, maka berarti anda memang belum memberikan apa yang "HANYA" usaha anda yang bisa berikan ke kompetitor anda.

APAKAH ADA CARA MUDAH UNTUK MEMIKIRKAN "HANYA" INI UNTUK SAYA KELUAR DARI KOMPETISI USAHA SAYA?

mulailah dari mengambil posisi sebagai pelanggan anda, kira kira ketika mereka akan membeli barang / jasa anda apa yang ada dalam pikiran mereka ketika ingin membeli semisal * saya ingin membeli ban mobil, kenapa ya saya harus beli di pt.usaha anda * saya butuh pecah belah, kenapa ya saya harus beli di pt.usaha anda semakin anda bisa menjawab pertanyaan2 itu tanpa jawabannya berkisar dengan " karena harganya murah" kemungkinan besar sekali anda telah menemukan kunci untuk memenangkan persaingan usaha ini, atau lebih kejamnya mematikan pesaing anda, seperti kata DON CORLEONE " saya akan buat penawaran yang tidak bisa anda tolak" buatlah penawaran yang kuat hingga pelanggan anda tidak bisa menolak untuk selalu datang ke tempat usaha anda. kata salah satu mentor yang saya kagumi , bapak TUNG DESEM WARINGIN, bahwa " berilah maka kamu akan diberi" , semakin anda memberi banyak ke pelanggan anda ( souvenir, gratisan, voucher ) maka pelanggan anda pun tak akan dapat menahan "pancingan" anda untuk membeli barang / jasa anda. semoga tulisan ini berguna untuk anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline