Lihat ke Halaman Asli

Belajar Internet Marketing Gratis (Seri 1.2 )

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13546209081043429898

Maaf karena kemaren harus terputus tulisannya, akan saya lanjutkan tulisan untuk belajar internet marketing gratis di abwah ini, to be continued dari series 1 ya ( bisa dicek d daftar tulisan saya ) ==================================================================== ok, kita ambil saja kasus BAJU untuk kita telaah lebih lanjut, semisal anda suka dengan fashion dan ingin berjualan baju online, keyword apa yang harus kita taruh di website kita? ada TOOLS yang free dan sangat berguna untuk kita gunakan https://adwords.google.com/o/KeywordTool ( saya langsung direct link kan link di atas untuk anda bisa langsung mencobanya bersama saya dan mari kita bahas bareng) di tools tersebut kita bisa melihat kuranglebihnya , pengguna GOOGLE itu mengetik apa si kalo mereka sedang di GOOGLE mencari baju kita lihat yuk

google keyword tools

kalo kita berkunjung ke google keyword tools, maka kurang lebih tampilannya seperti di atas a. masukkan keyword “baju” masukin dulu saja yang paling general sesuai dengan bisnis anda untuk melihat masukan dari google untuk keyword yang berkaitan b. masukkan lokasi dan bahasa ” indonesia” karena kita asumsikan kita menarget mereka yang ada di indonesia dan berbahasa indonesia karena demografi pengguna internet indonesia didominasi dengan mereka yang menggunakan bahasa indonesia c. klik telusuri Setelah klik telusuri,maka hasilnya akan seperti dibawah ini [caption id="attachment_227522" align="alignnone" width="601" caption="hasil keyword baju"]

13546215822000545018

[/caption] saya printscreen saja hasil yang teratas ya, bisa dilihat sendiri kalo hasilanya sangat banyak sekali ada 100 keyword yang disarankan oleh google untuk ditaruh di website kita, sekarang adalah tugas kita untuk memilahnya. Biasanya saya lebih berpatokan pada angka ” penelusuran bulanan lokal ” karena lebih relevan dengan market kita bila kita memakai hanya market negara kita sendiri, sementara “penelusuran bulanan global” lebih mengarah kepada pencarian yang dilakukan oleh user di seluruh dunia :) mari kita memilah dahulu 1. biasanya saya lebih memakai keyword dengan pencarian di antara angka sekitar 60.000 - 3.000an, angka di luar itu saya hapus saja karena lebih besar dari 60rb biasanya persaingannya sudah berdarah2 dan di bawah 3000an terlalu sedikit usernya 2. setelah kita pilah keyword seperti di nomor satu, kita hilangkan lagi keyword yang tidak sesuai dengan bisnis kita , semisal kalian ingin berjualan ” baju muslim” maka jika google menyarankan ” baju pramuka” mohon keyword ” baju pramuka ” dihilangkan setelah kita pilah pilah maka biasanya akan muncul sekitar 40 keyword yang relevan ke kita, dan akan kita pilah lagi. sudahkah anda coba? mari dicoba dulu, kalo sudah dipilah2, silahkan tulis di komen apa permasalahan di seri 1 ini untuk anda dan apa keyword anda,untuk kita bisa analisa bareng :) Saya akan melanjutkan di seri 1.2 ya, karena harus pergi dahulu, mohon ditunggu kelanjutannya ===================================================================== Sekarang kita masuk ke bagian 1.2 yaitu lebih dalam untuk memilah dari sekitar 30- 40 keyword yang sudah anda pilih untuk BAJU, keyword apa yang lebih tepat untuk anda ambil 1. Analisa persaingan anda Semisal kita ambil kasus dari antara keyword baju itu, kita pake yang pencariannya di angka 60rb yaitu keyword "baju gaun pesta" saya asumsikan yang menggunakan kata kunci ini adalah pengusaha / penjahit yang ingin membuka usaha mereka menarik user yang mancari baju pesta. Kita telusuri yuk persaingan kata kunci ini. mari kita ketik  "baju gaun pesta" di google.com tampilannya akan seperti ini [caption id="attachment_227626" align="aligncenter" width="300" caption="internet marketing keyword baju gaun pesta"]

1354677337793063441

[/caption] Sudah? kalo sudah anda perhatikan yang menjadi persaingan anda yang ingin memakai " baju gaun pesta" di halaman pertama dan peringkat 1 dan 2 adalah nochishop.com dan gaunpestaku.blogspot.com, benar? mari kita analisa persaingan anda, persaingan biasanya saya lihat langsung pertama kali dari google pagerank mereka ( ranking google untuk website yang berprestasi baik,mulai dari 0-10) Tools I untuk menganalisanya saya pake brwoser chrome dan pake tools "SEO for chrome" yang saya install langsung di browser untuk menganalisa , yuk kita lihat pagerank mereka satu persatu a. nochishop.com gogole pageranknya adalah 0 , bisa dilihat di printscreen dibawah ini [caption id="attachment_227628" align="aligncenter" width="572" caption="nocishop.com"]

13546776662037060825

[/caption] Maaf,kalo gambarnya kurang jelas :( Untuk yang saingan ke 2. 2. gaunpestaku.blogspot.com google pageranknya juga 0 lho, menarik sekali [caption id="attachment_227629" align="aligncenter" width="465" caption="pagerank gaunpestaku.blogspot.com"]

1354677903463436509

[/caption] Tools II Untuk tools yang ke 2 sekali laig kita lihat di google untuk kekuatan link mereka masing2, untuk nocishop.com dan gaunpestaku.blogspot.com. kenapa harus lihat penyebaran link mereka, karena bila link mereka tersebar / terbangun dengan baik maka google akan menganggap bahwa website ini adalah baik adanya, semakin banyak tersebar di website lain yang berperingkat baik juga maka kekuatan website anda akan semakin baik di mata google Analoginya mungkin seperti ini , bila saya menyebar kartu nama saya ke orang orang yang lebih terkenal semisal bapak SBY, bapak boediono, bapak jokowi dan bapak ahok, dan mereka mau bertukar kartunama dengan saya juga ( bertukar link ) maka di dunia perpolitikan nama saya secara ranking bisa lebih dikenal, ranking saya naik. begitu juga di google, bila anda bertukar link anda ( www.namawebanda.com ) dengan web yang berperingkat lebih baik dari anda ( semisal kaskus, dll ) maka google akan menaikkan ranking web anda, cara bertukar ini bagaimana? akan saya bahas lebih lanjut ke depan, tapi sementara ini mari kita melihat kekuatan penyebaran link dari kompetitor kita. Tools ke 2 untuk menganalisa adalah dengan menuliskan " link: webpesainganda.com" semisal dalam kasus ini saya tulis link:nocishop.com dan link:gaunpestaku.blogspot.com [caption id="attachment_227636" align="aligncenter" width="422" caption="linkpersaingan nochishop.com"]

1354680612591087688

[/caption] kita bisa lihat total link yang tersebar di nochishop.com adalah 685 ( saya kotak hitamin ) dan banyak ternyata dari link yang tersebar itu adalah link yang di dalam website mereka sendiri bukannya link yang keluar ke website lain yang harusnya memberikan peringkat lebih baik. Jadi kalo saya simpulkan berdasar analisa keyword dan persaingan , maka kata kunci " baju gaun pesta" ini merupakan kata kunci yang tepat untuk anda yang ingin berusaha baju gaun pesta, akrena 1. keywordnya dicari oleh sekitar 60500 user di indonesia 2. persaingannya tidak berat karena 2 peringkat teratas di kata kunci ini ternyata pageranknya 0 ( terendah di google pagerank dan link yang tersebar dari mereka juga masih sedikit dan kurang berkualitas) jadi kata kunci "baju gaun pesta" harus ada dalam website anda yang ingin memulai bisnis ini. masih bingung? hubungi saya di komen untuk kasus keyword bisnis anda atau hubungi saya di 087851561005 pin BB: 2939458C twitter : @yuono facebook : /henryyuono untuk seri tulisan SEO saya sebelumnya bisa dilihat di http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/12/04/belajar-internet-marketing-dan-cara-seo-gratis-seri-1--508339.html dan http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/11/30/belajar-internet-marketing-dan-cara-seo-gratis-1--507196.html Semoga bermanfaat, setelah anda bisa memilih keyword yang tepat, saya akan bahas di seri berikutnya, dimana posisi yang tepat untuk menaruh keyword yang anda pilih tersebut. saya tunggu komentar anda, dan tunggu seri berikutnya :)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline