Lihat ke Halaman Asli

Yuni Widyanti

karyawan swasta

Untung Ruginya Investasi Logam Mulia

Diperbarui: 3 Maret 2024   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Belakangan ini masyarakat di Tanah Air marak sekali mebahas investasi, tujuan utama Investasi untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang, ada banyak sekali jenis-jenis Investasi mulai dari saham, deposito, Obligasi, Tanah, Emas dan lain-lain. Saat ini saya akan membahas tentang Investasi Logam Mulia karena investasi ini saya sudah lakukan sejak tahun 2017, alasan kenapa saya memilih investasi Logam Mulia ialah karena harga yang cendrung naik setiap tahunnya, c0ntohnya saja saat saya memulai membeli Logam Mulia di tahun 2017 seharga Rp.750.000/ gram jika di bandingkan dengan tahun 2024 ialah Rp.1.250.000/gram bisa kita bandingkan di dalam kurun waktu 7 tahun maka memperoleh keuntungan kurang lebih Rp.500,000/gram bayangkan jika kita memiliki lebih dari 1 gram Logam Mulia maka kita dapat keuntungan yang lebih pula.

Keunggulan Investasi Logam Mulia ialah anti inflasi, seperti yang kita ketahui nilai mata uang rupiah mengalami penyusutan nilai setiap tahunnya, tetapi tidak berlaku untuk nilai Logam mulia yang malah cendrung naik tiap tahunnya.

Lalu apa bedanya investasi Logam Mulia dengan emas perhiasan? perbedaannya yang utama biasanya emas yang terdapat pada perhiasan bukan 100% emas murni, emas yang terdapat pada perhiasan telah di lebur dengan beberapa logam lainnya seperti perak, rodium,paladium, titnium dll hal tersebut dilakukan agar ketahanan perhiasan lebih keras dan tak mudah rusak karena emas murni memiliki tekstur yang lunak. Kadarnya pun beragam mulai dari <375% - >750%, karena kandungannya tidak murni maka emas yang terdapat pada perhiasan cendrung lambat dalam mengikuti harga emas dunia.

 Perlu di perhatikan dalam investasi Logam Mulia  adalah tempat kita membelinya, pilihlah toko emas online/offline yang terpercaya, atau jika ingin lebih pasti bisa di beli langsung di gerai antam maupun pegadaian di sana juga menyediakan jual kembali (buy back)

Investasi Logam Mulia hampir sama dengan Investasi properti kenapa demikian? karena kedua jenis Investasi ini termasuk investasi jangka panjang, jadi jika kita membelinya hari ini dan akan menjualnya di hari berikutnya jangan mengharapkan akan memperoleh keuntungan.

Sebelum memulai Investasi ini ada baiknya anda sediakan tempat penyimpanannya karena Investasi ini mempunyai kelemahan yaitu rawan hilang jika tidak di simpan dengan benar, simpanlah di tempat yang aman, jika perlu sediakan brangkas khusus. 

Konsisten dan kesabaran adalah kunci utama dalam investasi ini jika anda ingin berinvestasi yang minim resiko dengan modal yang kecil investasi Logam mulia adalah pilihannya, Investasi Logam Mulia kini dapat di lakukan oleh siapa pun tidak hanya dari kalangan ekonomi menengah atas saja tetapi ekonomi kalangan bawah pun dapat melakukan Investasi ini karena sekarang logam mulia tersedia dalam ukuran yang kecil yang pastinya lebih terjangkau yaitu mulai dari <0,01 gram hingga >1000 gram.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline