Lihat ke Halaman Asli

YUNI KUWARTIKA

Pegawai Negeri Sipil

Organization Development

Diperbarui: 5 Desember 2021   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

image by Paige Gillbert

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi ada bagian disebut Divisi Sumber Daya Manusia atau HDR dalam sebuah organisasi atau perusahaan  biasanya menempatkan fungis nya terdiri dari dua bagian penting , antara lain  bagian operasional  dan bagian  strategis. 

Organization Developmen yang termasuk dalam bagian strategis adalah  bagian yang penting  sehingga tidak dapat di pisahkan  dari struktur organisasi dalam suatu perusahaan. Dan posisi struktur organisasi dalam sebuah perusahaan adalah  merupakan bagian  yang sangat berpengaruh.  

Peran  utama OD adalah untuk menentukan MP atau men power, dimana OD menentukan kulitas dari karyawan yang akan dimasukan dalam posisi strategis sesuai dengan keahlian  dan latar belakang dari disiplin ilmu yang dimiliki oleh karyawan tersebut. 

Selain itu posisi OD juga menentukan rancangan strategis beberapa perencanaan  baik berupa  rencana dan jumlah orang yang diperlukan untuk perusahaan . OD bekerja sama dengan departemen HRD dan BP ( Bisnis Partner )  atau mitra bisnis, dan ada beberapa strategi perdagangan OD. 

BP atau Bisnis Partner membantu mengumpulkan kebutuhan yang diperlukan untuk setiap divisi dan membantu mengelola kegiatan atau proyek sesuai dengan rencana. Tugas awal OD adalah menyusun struktur organisasi misi dan visi masyarakat selain deskripsi selanjutnya dari setiap divisi perubahan. 

Bergantung pada perkembangan organisasi dan adanya dorongan perkembangan jaman atau modrenisasi yang menuntut sebuah perusahaan atau organisasi melakukan perubahan yang strategis.

Pengembangan talenta dari masing- masing anggota organisasi juga mendorong adanya sebuah perubahan dalam organisasi, hal ini tentu saja berdampak adanya perubahan dinamis  yang positif dalam kehidupan organisasi.

Dalam ilmu menejemen Pengembangan organisasi dalam devisi Organization Development, berkembang cakupannya tidak hanya berupa pandangan struktur dalam organisasi  saja tetapi lebih dari itu sesuai dengan perkembangan jaman yang ada, OD bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan apabila terdapat tuntutan untuk melakukan pembaharuan. 

Agar sebuah organisasi dapat bertahan, ia harus mampu menyesuaikan warganya untuk mendapatkan manfaat dari pengaruh positif dari berbagai perubahan internal perusahaan  tersebut melalui pengembangan personal  maupun  pengembangan organisasi. 

Anggota organisasi yang tumbuh sebelum berganti anggota organisasi dapat kita tempatkan posisinya  sebagai pelaku  proses pengembangan organisasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline