Lihat ke Halaman Asli

Tentang Cita-cita dan Usaha

Diperbarui: 6 September 2015   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Nama : Yunita Widia Ningrum

Kelas  : X-4

Tugas  : Sosiologi

                                                  * Tentang Cita-cita dan Usaha*

                         Waktu saya SD kelas 1-6 saya pernah bercita-cita ingin menjadi seorang dokter yang handal, dan yang saya           ketahui untuk menjadi seorang dokter nilai IPA-nya harus tinggi. Pada saat saya kelas 1-5 saya memang mendapat nilai IPA selalu tinggi yaitu: 80-95. Ketika saat saya UN SD nilai IPA saya kecil hanya 67,5 akhirnya saya merasa saya tidak pantas untuk menjadi seorang dokter yang handal kelak di kemudian hari. Dan pada saat saya kelas 5 saya mengikuti les ataupun kursus Bahasa Inggris di LBIA (Lembaga Bahasa Inggris Amerika) di dekat JL.H.Gemin di belakang Kelurahan dan SDN Jatikramat I juga SDN Jatikramat II. Pertama saya masuk kursus di LBIA, saya di tes terlebih dahulu yaitu tes tertulis, tes tertulis yang saya kerjakan cukup sulit. Tetapi saya berusaha untuk mengerjakannya dan ternyata saya mendapat nilai merah yaitu 57,5, dan kemudian saya di tes speaking english dan alhamdulillah saya dapat menjawabnya dengan lancar dan saya mendapat nilai 85. Setelah itu saya bergabung bersama teman-teman, sebelum saya bergabung dengan teman-teman saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Setelah saya memperkenalkan diri saya, saya dipersilahkan duduk oleh guru saya yang bernama Mr.Anto saya duduk disamping teman SD saya yaitu Rika dan Ardina.

                       Saya les di LBIA dari kelas 1 SD sampai 3 SMP karena Ibu saya terus mendukung saya untuk ikut les dan juga mendukung saya untuk menjadi seorang guru bahasa inggris yang handal kelak di kemudian hari. Saya memutuskan untuk bercita-cita menjadi seorang guru bahasa inggris yang handal sejak saya kelas 1 SMP karena nilai bahasa inggris saya di rapot selalu tinggi yaitu 90-98 dan juga saya pernah ulangan bahasa inggris di SMP mendapat nilai yaitu 100 dari satu kelas. Hanya bercita-cita untuk menjadi seorang guru bahasa inggris saja tidak cukup dan harus juga perlu adanya usaha, saya berusaha mengikuti les dengan tekun di LBIA dan mempelajarinya di rumah karena menjadi guru Bahasa inggris  tidaklah mudah kita harus mampu speaking english dengan lancar, mengetahui kosa kata yang banyak, mengetahui 16 tenses, mengetahui grammarnya, mengetahui question tag, mengetahui eliptical construction, mengetahui direct speech, indirect speech, dan lain-lainnya.

                      Pada saat saya kelas 3 SMP saya sudah mencapai tingkat Intermedite III di LBIA. Tak lama kemudian saya naik tingkat Intermedite III saya menghadapi Ujian Nasional tingkat SMP. Saya mengerjakannya semua mata pelajaran yang diujikan yaitu : B.Indonesia, IPA,Matematika, B.Inggris dengan usaha saya sendiri dan teliti juga membaca do'a kepada ALLAH SWT. Setelah Ujian Nasional 5 kemudian nem pun dibagikan, saat pembagian nem yang hadir cukup orangtuanya saja dan saya juga teman-teman saya menunggu di depan sekolah. Pada saat ini saya sangat deg-degkan menunggu hasil NEM dan ternyata nem saya adalah 263,5. Dan cita-cita saya pun terhalang untuk masuk di SMAN 5 Bekasi dan ternyata NEM saya masuknya di SMAN 16 Bekasi di JL.Arteri tol Jorr luar lingkar Hankam, Pondok Melati.

                      Saya masuk di SMAN 16 Bekasi tidaklah mudah karena saya melawan 836 siswa yang daftar di SMAN 16 Bekasi secara on-line. On-linenya pun berlangsung selama 5 hari. Setelah on-line saya daftar ulang saat daftar ulang saya dan orangtua saya diberi berkas yang harus diisi dan keesokan harinya semua berkas dikumpulkan dan masuk sekolah tanggal 27 Juli 2015 jam 07.00 WIB. Setelah masuk di SMAN 16 Bekasi, saya mengikuti MOS yang berlangsung selama 3 hari. Pada saat saya MOS, saya ada di Gugus 4 yaitu gugus Karawang. Dan sekarang saya kelas X-4 dengan Wali Kelas yaitu Pak Wahyu Munanto. Karena di SMAN 16 belum penjuruan dan masih menggunakan KTSP 2006 jadi saya belajar 18 pelajaran. Penjuruan akan dilaksanakan pada kelas XI nanti. Saya setiap masuk sekolah jam 12.15-17.15.

                     Saya bercita-cita semoga di kelas XI nanti saya mendapat kejuruan IPA yang saya inginkan dan idamkan selama ini. Tetapi hanya cita-cita pun tidak bisa, saya harus belajar dengan giat tentang pelajaran Matematika, IPA Biologi, IPA Fisika, IPA Kimia juga berdo'a kepada ALLAH SWT. Dan semoga saja nilai NEM saya tinggi. Semoga setelah saya lulus dari SMAN 16 Bekasi saya dapat masuk di UNJ (Universitas Negeri Jakarta) saya ingin kuliah di UNJ karena saudara-saudara sepupu saya banyak yang kuliah di Universitas Negeri dan sekarang saudara-saudara saya sudah sukses, ada yang menjadi guru, pegawai kantoran, kerja di BANK, dan lain-lainnya yang tak bisa saya ucapkan satu persatu.

                     Saya bercita-cita jika saya nanti kuliah sampai jenjang SI saya akan menjadi guru B.Inggris yang handal jika saya nanti dapat kuliah sampai jenjang SII saya akan menjadi seorang Dosen yang handal kelak di kemudian hari. Saya ingin menjadi guru B.Inggris karena B.Inggris adalah bahasa Internasional dan yang memotivasi saya untuk menjadi guru B.Inggris adalah Ibu saya. Jika suatu saat nanti saya sukses saya ingin menaikkan haji seluruh keluarga saya, membeli rumah dan mobil untuk kedua orangtua saya karena saat ini saya hanya mempunyai 2 motor saja yaitu motor beat dan motor legenda, menyekolahkan adik saya karena saya anak pertama saya harus dapat menjadi contoh untuk adik-adik saya, juga saya ingin sekali mendapat gelar suatu saat nanti yaitu  Hj.Dra.Yunita Widia Ningrum,S.Pd.

                     Jika suatu saat nanti cita-cita saya semuanya terwujud saya ingin membuat suatu Panti Asuhan dekat rumah saya. Semoga cita-cita saya semuanya terwujud. Amin Ya Robbal Allamin. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline