Tangerang, - Dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan konsumsi produk perikanan lokal di Indonesia, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana berpartisipasi dalam bazar UMKM yang diselenggarakan di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Selain sebagai media promosi, kegiatan yang terkemas dalam Kuliah Peduli Negeri (KPN) ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir, dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan di Indonesia.
Kegiatan KPN ini melibatkan nelayan dan pelaku usaha perikanan lokal sebagai produsen produk perikanan yang ditawarkan dalam bazar. Seperti diketahui, sumber daya ikan di Indonesia sangat melimpah karena Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas dan memiliki ekosistem laut yang beragam. Meskipun sumber daya ikan di Indonesia sangat melimpah, namun banyak nelayan Indonesia terutama di daerah terpencil kesulitan dalam melakukan promosi baik di pasar lokal maupun pasar internasional. Hal ini terjadi karena kurangnya modal atau pendanaan untuk memperluas usaha dan berdampak pada terhambatnya distribusi perikanan di pasar lokal. Hal ini pula yang menyebabkan produk perikanan lokal kalah saing dengan produk perikanan yang dihasilkan oleh asing.
Melalui kegiatan KPN, mahasiswa terjun langsung dalam mempromosikan produk perikanan lokal kepada masyarakat. Para mahasiswa secara informatif memberikan informasi terkait keunggulan dan pentingnya mengonsumsi produk perikanan lokal yang tidak kalah dari produk perikanan asing. Selain itu, harga yang ditawarkan dari produk perikanan lokal juga relatif lebih murah. Produk yang ditawarkan, antara lain aneka hidangan laut beku, olahan kerupuk ikan tenggiri, olahan kerupuk udang, olahan kerupuk rajungan, baby crab aneka rasa, dan lain sebagainya.
Kegiatan KPN yang diselenggarakan oleh mahasiswa bidang studi Advertising and Marketing Communication dan Public Relation ini sukses dalam meningkatkan pendapatan nelayan dan pelaku usaha perikanan lokal. Kegiatan ini berhasil memberikan akses yang lebih mudah bagi konsumen untuk memperoleh produk perikanan lokal berkualitas. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh program dalam meningkatkan pemasaran produk perikanan lokal di Indonesia dan dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan program serupa di daerah lain yang memiliki potensi perikanan lokal yang besar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H