Lihat ke Halaman Asli

Yunita Susanti

Universitas Pendidikan Indonesia

4 Elemen Kunci Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 12 Maret 2024   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Terdapat 4 elemen instruksional utama yang dapat disesuaikan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi, yakni: konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Dengan membedakan setiap elemen ini, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih inklusif dan bermakna bagi semua siswa. Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing elemen:

1. Konten

Merupakan materi atau isi pembelajaran yang diajarkan kepada siswa. Guru dapat menyajikan konten yang berbeda atau menggunakan bahan pembelajaran yang beragam sesuai dengan tingkat pemahaman, minat, atau gaya belajar siswa.

2. Proses

Merujuk pada cara guru menyampaikan materi dan cara siswa berinteraksi dengan materi tersebut. Guru dapat menggunakan berbagai metode pengajaran, strategi, atau teknik untuk memfasilitasi pemahaman siswa yang beragam.

3. Produk

 Mengacu pada hasil atau karya yang dihasilkan oleh siswa sebagai bukti pemahaman mereka terhadap materi. Guru dapat memberikan pilihan dalam cara siswa mengekspresikan pemahaman mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk menunjukkan keterampilan dan minat mereka yang unik.

4. Lingkungan Belajar

 Meliputi ruang fisik dan psikologis di mana pembelajaran terjadi. Guru dapat menyesuaikan lingkungan kelas, struktur waktu, dan dukungan sosial untuk mendukung kebutuhan beragam siswa.

Dengan memahami dan mengadaptasi keempat elemen ini sesuai dengan kebutuhan siswa, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif, inklusif, dan bermakna.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline