Lihat ke Halaman Asli

yunita murti

Mahasiswa

Pelaksanaan Magang di Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta

Diperbarui: 23 Desember 2022   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Amikom Yogyakarta Fakultas Ekonomi dan Sosial, melaksanakan kegiatan magang untuk mahasiswa semester akhir. Program Studi Ekonomi memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam dunia kerja disuatu perusahaan atau instansi yang berkaitan dengan program studi yang telah diambil. Kegiatan magang tersebut dapat memberikan pengalaman kerja sehingga ketika lulus kuliah mahasiswa diharapkan dapat mempraktikkan teori yang telah didapatkan selama dibangku kuliah ke dalam dunia kerja.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa memilih instansi Paniradya Kaistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan magang. Paniradya Kaistimewan merupakan lembaga baru yang dibentuk berdasarkan Perdais Nomor 1 Tahun 2018 tentang kelembagaan pemerintahan daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Paniradya Kaistimewan memiliki tugas yaitu membantu dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah dalam penyusunan kebijakan urusan keistimewaan, perencanaan, dan pengendalian urusan keistimewaan serta pengoordinasian administratif urusan keistimewan. Paniradya Kaistimewaan memiliki beberapa divisi antara lain Bidang Pelayanan dan Umum, Bidang Hubungan Antar Lembaga, Bidang Perencanaan dan Pengendalian, Bidang Urusan Kebudayaan, Bidang Urusan Pertanahan dan Tata Ruang.

Pemagang mendapatkan kesempatan selama magang di Paniradya Kaistimewan  dibidang Perencanaan dan Pengendalian urusan keistimewaan. Bidang Perencanan dan Pengendalian Urusan Keistimewaan bertugas sebagai melaksanakan penyusunan kebijakan perencanaan dan pengendalian program kegiatan urusan keistimewaan untuk meningkatkan capaian realisasi pelaksanaan program keistimewaan. Sehingga selama magang, pemagang mendapatkan tambahan wawasan dari pihak instansi Paniradya Kaistimewaan. Antara lain pemagang dapat mengikuti program-program kerja yang ada di instansi tersebut yaitu pemagang  mengikuti rapat verifikasi BKK (Bantuan Khusus Keuangan) tahap II di kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul. Pada kegiatan tersebut, pemagang dapat mencatat point-point penting yang  telah dipaparkan dalam rapat Verifikasi BKK Tahap II di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul yaitu pagu anggaran dana keistimewaan dan pagu dari Tahap I, II, dan III. Selain itu, pada capaian dana keistimewaan dari setiap urusan keistimewaan dan realiasasi dana yang telah terserap.

Dokpri

Selain itu pemagang juga membantu dalam pengecekan data progres kegiatan tiap OPD. Setiap tahun seluruh pengampu dana keistimewaan wajib membuat ROPK. ROPK adalah Rencana Operasional Pelaksanaan Kegiatan yang wajib dibuat yaitu ROPK Fisik dan Keuangan. ROPK Fisik mengacu pada indikator keluaran kinerja yang telah dilaksanakan. Missal pentas wayang yang merupakan indikator, sehingga pengampu wajib menyusun ROPK untuk kegiatan tersebut dalam satuan minggu. Kemudia minggu pertama pada bulan April tersebut melaksanakan rapat persiapan, lalu minggu ke empat bulan Mei pelaksanaanya. Sehingga pada tiap awal tahun harus dilengkapi dengan aliran kasnya. Lalu pengampu diwajibkan untuk memberikan atau melaporkan kegiatan tersebut tiap bulannya dengan melalui aplikasi kenes. Ketugasan di bidang pengendalian yaitu memeriksa dan mengevaluasi apakah realisasi kerja dan realisasi keuangan sudah sesuai dengan apa yang telah dijanjikan dan sesuai dengan laporan yang telah diberikan. Jika iya, maka diperiksa bukti-bukti yang dilaporkan yang nantinya akan diteruskan di klarifikasi dengan peninjauan lapangan.

Dokpri

Banyak hal positif yang didapatkan oleh pemagang selama magang di Paniradya Kaistimewan yang tentunya pemagang mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang berharga. Pengalaman yang paling berkesan bagi pemagang selama magang di Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu pemagang dapat belajar bagaimana bekerja sama secara tim dan saling membantu, mampu berkomunikasi dengan baik dan saling berbagi ilmu. Selama magang pemagang juga mendapatkan Pengalaman yang bagaimana dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pembimbing magang dan bagaimana bertangung jawab dengan apa yang sudah ditugaskan kepada pemagang. Selain itu adanya rasa kekeluargaan antar pegawai dan pemagang lainnya sehingga menciptakan suasana yang bersahabat dan komunikasi yang lancar tanpa adanya senggan tetapi tetap dengan cara yang baik dan sopan. Pengalaman magang di Paniradya Kaistimewan merupakan pengalaman dan pelajaran yang sangat berarti dan berharga agar pemagang bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Sehingga dari magang di instansi tersebut pemagang mendapatkan gambaran bagaimana bekerja di sebuah instansi pemerintahan secara nyata.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline