Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Kognitif pada Masa Kanak-Kanak Tengah-Akhir

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak),m segala upaya yang menyangkut aktifitas otak itu seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian/penghargaan/evaluasi, serta proses yang terjadi secara internal dalam pusat susunan saraf pada waktu manusia sedang berpikir.
Pemrosesan informasi pada anak-anak:
Tugas-tugas yang meliputi memori jangka pendek itu misalnya : memperlihatkan suatu peningkatan yang besar sekali didalam memori jangka pendek selama masa awal anak-anak. Tetapi setelah usia 7 tahun tidak memperlihatkan banyak peningkatan. Memori jangka panjang anak-anak bertambah selama masa pertengahan dan akhir anak-anak. Dua aspek memori yang terkait dengan peningkatan memori jangka panjang adalah pengendalian karakteristik murid. Tiga proses control kendali yang terjadi pada anak-anak adalah pengulangan. Organisasi dan perbandingan. Pengulangan adalah suatu proses control yang meningkatkan memori. Dengan mengulangi informasi setelah informasi itu disajikan. Pengulangan terjadi misalnya: ketika anak-anak mendengar suatu nomor telepon. Kemudian mengulangi nomor itu beberapa kali, untuk menigkatkan memori mereka tentang nomor tersebut.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline