Lihat ke Halaman Asli

Sumber Pendidikan Islam

Diperbarui: 20 September 2023   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pembahasan kali ini mengenai sumber pendidikan Islam, dari penjelasan pemakalah di kelas Saya di dapatkan bahwasanya ada 3 sumber pendidikan Islam diantanya :

1. Al-Quran

Al-Quran ini dijadikan sebagai sumber pertama dan yang paling utama dalam Pendidikan Islam ditinjau dari nilai mutlaknya berasal dari Allah SWT. 

2. Hadits

Sebagai sumber kedua setelah Al-Quran, hadits berperan penting dalam memahami ajaran Islam secara mendalam. Hadits menjadi sumber ilmu pengetahuan Islam karena menyimpan banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dan hadits ini memberikan panduan serta petunjuk dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ibadah, tata cara bertransaksi, etika, hukum, dll.

3. Ijtihad

Dalam konteks pendidikan Islam ijtihad sangat lah penting untuk mengingat perbedaan ruang dan waktu antara masa kenabian dengan zaman sekarang. Ijtihad merupakan usaha sungguh-sungguh guna memahami ayat-ayat Al-Quran dan Sunnah yang bersifat zhanni (mengandung penunjukan atau kebenaran materi yang kurang pasti).

Ketika pemakalah membuka sesi tanya jawab, ada mahasiswa yang bertanya "Apa saja prinsip dasar dalam pendidikan Islam yang harus dipegang teguh dan jelaskan kenapa?"

jawabannya :

Pendidikan Islam didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang menjadi pijakan bagi pengajaran, pembelajaran, dan perkembangan individu Muslim. Beberapa prinsip dasar dalam pendidikan Islam yang harus dipegang teguh adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline