Lihat ke Halaman Asli

Masalah Kehidupan...

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik


Mengarungi hidup merupakan sebuah seni yang tidak akan ada pernah habisnya bila dibahas. Kadang manusia diuji dalam kesenangan dan kemewahan, terkadang manusia juga diuji dalam kesedihan, kemiskinan, dan kesulitan lainnya. Mengapa ada manusia yang kuat dan mampu bertahan mengahadapi ujian-ujian dalam hidupnya, tetapi mengapa juga tidak sedikit manusia yang mengakhiri hidupnya dengan tragis dan menyedihkan, hanya karena dia tak mampu menghadapi masalah-masalah yang terus melanda dalam kehidupannya.

Sering kita mendengar ucapan-ucapan orang, yang mengatakan bahwa di balik masalah atau musibah yang dihadapi pasti ada hikmah yang dapat diambil. Bagaimana mengambil atau memetik hikmah yang ada di balik ujian yang harus dihadapi? Apakah mudah? Atau bagaimana tips dan triknya...? semua itu ternyata hanya bisa dijawab oleh diri kita sendiri.

Semua tergantung pada kemauan dan keinginan kita, seberapa besar kemamuan dan keinginan dalam berusaha mendapatkannya. Bila kita menganggap itu mudah, maka mudahlah ia mengalir tanpa harus tersirat mungkin, tetapi cukup hanya diketahui saja sebagai pengalaman yang paling berharga. Atau ada anggapan bahwa sulit untuk berfikir positif dalam mendapatkan hikmah, maka sulitlah kita mendapatkannya, berfikir keras, atau bahkan sama sekali menganggap bahwa kitalah orang yang paling susah dan paling tidak beruntung di dunia ini.

Susah-susah gampang memang, tapi yakinlah bahwa positif thinking dapat dilatih walaupun mungkin harus melalui proses yang cukup lama dan panjang. Hidup hanya sekali, maka pergunakanlah waktumu di dunia sebaik-baiknya..., hidup memang tidak lama, tetapi apakah kita sebagai manusia yang lemah, tidak mampu berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Apapun yang pernah kau lakukan, jadikanlah itu sebagai pengalaman yang paling berharga, dan jangan pernah menyesalinya secara terus menerus. Penyesalan berkepanjangan hanya akan mengakibatkan kita terus terpuruk dalam masalah yang itu-itu saja.

Niatkan di dalam hati, bahwa kita memliki keinginan dan cita-cita untuk dapat terus maju, dan maju. Walaupun pasti banyak kendala, halangan dan cobaaan yang terus menerpa dalam mengaungi hidup yang kita sendiri tidak tau sampai kapan akan berakhir, mungkin besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan... who knows?

Hanya Allah SWT sang penciptalah yang mengetahui dan telah merencankannya.

Diakhir kata, kita manusia memang tidak sempurna dan banyak kelemahan, namun juga memiliki banyak kelebihan yang harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

My Room_23012010_00:58_




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline