Lihat ke Halaman Asli

Harapan untuk Negeri

Diperbarui: 14 Desember 2016   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di dunia yang dipisahkan oleh batas-batas berupa alam. Indonesia juga mempunyai populasi terbesar di dunia yang terdiri dari 300 suku dengan sember daya alam yang kaya dan melimpah. hal yang sangat membanggakan bisa menjadi bagian dari negara republik Indonesia. namun ada satu hal yang membuat nama Indonesia tercemar dimata dunia yaitu dengan adanya budaya korupsi yang terus berkembang dan sangat merugikan negara hingga menyengsarakan hidup masyarakat yang ada di dalamnya. tindak pidana korupsi menjadi kasus yang amat sulit diselesaikan hingga saat ini.

Banyak faktor yang mendorong terjadinya tindak pidana korupsi mulai dari sifat tamak yang dimiliki individu untuk memenuhi hasrat pribadi. moral yang kurang kuat dan gaya hidup konsumtif juga mempengaruhi individu untuk melancarkan kasus korupsi. selain faktor tersebut ada juga berbagai aspek yang mendukung terjadinya praktik korupsi, yaitu aspek ekonomi, aspek politik, aspek organisasi dan lain sebagainya. hal tersebut dilakukan hanya untuk mensejahterakan dirinya atau golongan saja tanpa memikirkan dampak yang terjadi di masyarakat. banyak pengangguran dan pemberhentian hubungan kerja yang terjadi akibat penurunan produktivitas, mahalnya harga barang dan jasa juga dirasakan oleh masyarakat. namun bukan hanya materi yang menjadi problem akibat tindak pidana korupsi bahkan kerusakan lingkungan juga merupakan dampak dari tindakan korupsi. jika hal tersebut terus terjadi apakah yang terjadi pada negara ini di masa yang akan datang?  apakah jika pelaku korupsi menyadari dampak tersebut korupsi akan berakhir?

      harapan untuk indonesia

 apakah masih ada harapan untuk indonesia bebas korupsi? pertanyaan yang tidak pernah bisa dijawab oleh siapapun, namun saya yakin bahwa diluar sana masih ada orang baik yang mampu berkata tidak terhadap korupsi yang bisa menjaga keluarga serta hartanya bebas dari korupsi. saat ini banyak masyarakat yang berkata bahwa Indonesia sudah merdeka tetapi kenyataannya kita tidak merdeka. bagaimana kita bisa berpendapat bahwa indonesia sudah merdeka jika pada faktanya rakyat masih merasakan kesengsaraan pada intinya saya berharap kepada seluruh pelaku korupsi agar sadar bahwa tindakan yang dilakukan banyak menimbulkan kerugian bagi rakyat dan saya berharap kepada seluruh penegak hukum untuk menegakkan hukum dengan adil. tuntaskan kasus korupsi dan hukum pelakunya sesuai undang-undang yang berlaku di negeri ini.

dan harapan saya untuk generasi bangsa ini, jadilah pewaris negeri yang bebas dari korupsi dan jadilah pemimpin yang tegas dalam menegakkan keadilan demi mensejahterkan hidup masyarakat dan mencapai tujuan bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline