Lihat ke Halaman Asli

Yunisa Ummi

Mahasiswa

Penggunaan Scrapbook untuk Meningkatkan Minat Menulis dan Kreatifitas Siswa

Diperbarui: 27 Oktober 2023   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Penggunaan Scrapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Kreatifitas Siswa

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara global untuk berkomunikasi secara tulis dan verbal. Bahasa Inggris masuk menjadi salah satu bagian mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Berdasarkan yang ada di lapangan peserta didik mengalami kesulitan karena Bahasa Inggris bukan bahasa yang sering digunakan sehari-hari. Berdasarkan dari kesulitan yang dialami oleh peserta didik perlu adanya trobosan yang dapat menjadi alternatif yang dapat menarik minat dari peserta didik untuk mau belajar Bahasa Inggris.  

Salah satu tobrosan yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan mengembangkan LKPD (lembar kerja peserta didik). Pada kegiatan kali ini berfokus pada kemampuan menulis pada peserta didik. Peserta didik diajak untuk membuat sebuah Proverb yang dikreasikan melalui scrapbook. Proverb merupakan peribahasa atau kutipan pendek yang memiliki makna yang bertujuan untuk memberi nasihat atau memberi tahu seseorang mengenai kehidupan. Pada kegiatan kali ini peserta didik membuat sebuah scrapbook yang dimana mereka dapat menulisakan proverb dan makna yang terkandung pada proverb tersebut. Kegiatan kali ini telah dilaksanakan pada jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri atau SMA N di salah satu kota Yogyakarta.

Scrapbook hasil karya peserta didik 1 - Dok. pribadi

Tahapan awal dilakukan dengan mengkondisikan peserta didik dengan menjelaskan materi dan contoh dari proverb. Ketika peserta didik sudah memahami materi yang telah diberikan dilanjutkan dengan mengeksekusi penugasan. Peserta didik diberikan LKPD berupa kertas buffalo dan origami untuk mengeksekusi tugas yang diberikan. 

Scrapbook Hasil Peserta Didik 2 - Dok. pribadi

Setelah kegiatan ini selesai dilanjutkan dengan perwakilan dari peserta didik untuk mempresentasikan hasil karya yang telah mereka buat. Kegiatan ini mendapatka  respon positif dari peserta didik karena peserta didik karena mereka penugasan kegiatan dilakukan dengan cara yang berbeda. Melalui kegiatan ini peserta didik tetap dapat memenuhi tujuan dari pembelajaran dan mengembangkan kreatifitas yang mereka miliki dengan mengembangkan LKPD yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline