Lihat ke Halaman Asli

Yuninda Arinda

Mahasiswi Ilmu Ekonomi Syariah IPB University

KKN-T IPB 2022: Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan Dukung Bangkitnya UMKM Desa Pantai Sederhana di Era New Normal

Diperbarui: 13 September 2022   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Pantai Sederhana, Muara Gembong, Bekasi -- Peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan Sosialisasi GEMARIKAN dan Pelatihan Pembuatan Produk Nugget Ikan pada UMKM Desa Pantai Sederhana, Selasa (12/7).

Rangkaian kegiatan diawali dengan Sosialisasi GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) yang bertujuan meningkatkan minat masyarakat atas pemenuhan gizi bersumber dari produk perikanan. Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi khususnya asam omega 3, yang baik untuk perkembangan otak anak.

Dok pribadi

Mahasiswa KKN-T IPB, Gabriel Sinaga dan Timotius Binoto Wicaksana menyampaikan manfaat mengonsumsi ikan, variasi produk perikanan serta mempraktikkan cara membuat nugget ikan yang baik dan benar.

"Perlu banget variasi produk perikanan seperti nugget, kan nugget disukain anak-anak dan bisa dibentuk menarik. Jadi anak-anak jadi lebih suka makan ikan dan gizinya juga terpenuhi" ungkap Kamilah, anggota UMKM Desa Pantai Sederhana.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan nugget ikan bersama kelompok UMKM Desa Pantai Sederhana. Kegiatan ini bertujuan agar kelompok UMKM paham mengenai pembuatan nugget ikan yang baik dan benar. Kegiatan ini tentunya mendapat antusiasme yang tinggi dari kelompok UMKM.

Dok pribadi

Koordinator UMKM sekaligus Ketua RW 005 Desa Pantai Sederhana Pak Suparto, mengaku senang dengan kegiatan yang digelar mahasiswa KKN-T IPB "Alhamdulillah dengan adanya kegiatan dari temen-temen IPB dapat membangkitkan UMKM yang ada di desa, karena kebetulan kami membutuhkan pelatihan cara pembuatan produk nugget ikan" ungkapnya.

Mahasiswa KKN-T IPB juga mebagikan buku resep pembuatan nugget kepada kelompok UMKM, agar dapat membuatnya kembali secara mandiri. Di akhir kegiatan mahasiswa membagikan hasil olahan nugget yang dibuat kepada kelompok UMKM.

Harapannya melalui rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan khususnya pada anak-anak dan mendukung UMKM Desa Pantai Sederhana dalam keterampilan kelompok pembuatan nugget ikan.

Penulis: Gabriel Sinaga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline