Lihat ke Halaman Asli

KKN MB 070 Jenengan Klambu

Mahasiswa IAIN Kudus Angkatan 2021

Pelatihan Public Speaking untuk Anak SD

Diperbarui: 5 Oktober 2024   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi Pribadi)

Dalam upaya meningkatkan keterampilan komunikasi dan percaya diri anak, Much Syarifuz Zulfa Mahasiswa KKN-MB IAIN KUDUS 070 Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam mengadakan Pelatihan Public Speaking pada anak SD. 

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah kepala Desa Jenengan pada Kamis, 3 Oktober2024, yang diikuti oleh seluruh anak-anak yang ikut kegiatan KKN-MB 070 yg berupa bimbel ( bimbingan Belajar) untuk siswa Sekolah Dasar. Dalam sesi tersebut, siswa diajarkan teknik dasar berbicara di depan umum, termasuk cara mengatur suara, bahasa tubuh, serta cara menyusun materi yang menarik.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, anak-anak dapat mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak dan dapat menyampaikan pendapat mereka dengan lebih percaya diri," ujar Much Syarifuz Zulfa.

Peserta terlihat antusias mengikuti berbagai kegiatan, termasuk permainan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Beberapa siswa merasa pelatihan ini sangat bermanfaat.

"Saya jadi lebih berani untuk berbicara di depan teman-teman. Latihan ini membuat saya tidak takut lagi," ungkap Fadil, salah satu peserta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja yang digagas oleh Mahasiswa KKN-MB 070. Dengan adanya pelatihan public speaking, diharapkan siswa tidak hanya menjadi lebih percaya diri, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan lebih efektif di masa depan.

Pelatihan ini ditutup dengan sesi presentasi di mana setiap siswa diberikan kesempatan untuk berbicara tentang topik yang mereka pilih. Momen tersebut menjadi sorotan, dengan siswa yang menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berbicara mereka.

Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap siswa selalu berlatih untuk terus mengembangkan kemampuan komunikasi dan mempersiapkan diri untuk tantangan di dunia yang semakin kompetitif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline