Lihat ke Halaman Asli

KKN MB 070 Jenengan Klambu

Mahasiswa IAIN Kudus Angkatan 2021

Edukasi Menabung Sejak Dini "Simpan Uangmu Wujudkan Harapanmu" Bersama Siswa Siswi SDN 2 Jenengan

Diperbarui: 4 Oktober 2024   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketrampilan membuat celengan uang dari kerdus bekas

Grobogan 4 Oktober 2024

Dalam rangka mendorong kebiasaan menabung Eliyana Maharani Mahasiswa KKN-MB 070 prodi Perbankan Syariah IAIN Kudus mengadakan edukasi tentang pentingnya menabung sejak dini di SDN 2 Jenengan pada Senin 30 September 2024. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan memberikan edukasi menabung bukan hanya tentang menyimpan uang, tetapi juga tentang membentuk sikap dan kebiasaan yang positif dalam mengelola keuangan. Kegiatan diawali dengan perkenalan mahasiswa KKN dan dilanjut penjelasan tentang manfaat menabung seperti membiasakan hidup hemat, menyiapkan dana untuk keperluan masa depan, dan belajar bertanggung jawab terhadap keuangan sendiri. Penjelasan ini dibawakan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Mahasiswa menjelaskan bahwa menabung bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menyisihkan sebagian uang jajan setiap hari.
"Menabung adalah langkah awal yang dapat menumbuhkan kebiasaan positif sejak kecil. Dengan edukasi ini kami berharap siswa SDN 2 jenengan dapat lebih bertanggung jawab dalam menggunakan uang mereka," ujar mahasiswa KKN IAIN Kudus. Mahasiswa juga menjelaskan bahwa dalam perspektif syariah, menabung tidak hanya diperbolehkan tetapi juga dianjurkan selama uang yang ditabung berasal dari sumber yang halal. Untuk menambah keseruan dan melibatkan siswa secara aktif kami mengadakan sesi tanya jawab dan mengajarkan cara membuat celengan sebagai langkah awal dalam menabung. Antusias siswa sangat terlihat saat mereka menyimak materi dan mencoba membuat celengan dari barang-barang bekas. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama antara mahasiswa KKN-MB 070 dan siswa siswi kls 5 SDN 2 jenengan dilanjut dengan membuat konten.
Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap siswa bisa menumbuhkan kebiasaan menabung yang berguna untuk masa depan, serta menjadi generasi yang lebih bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan.

Penulis : Eliyana Maharani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline