Lihat ke Halaman Asli

Komik Macan Putih - Yang Terpilih

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di dalam legenda yang berasal dari Jawa Barat , cerita tentang macan putih yang merupakan perwujudan dari Prabu Siliwangi cukup populer dengan beragam versi yang dapat kita temukan di internet.

Dengan didasari legenda itu, Irfan Ihsan berusaha mengangkat cerita berkarakter pahlawan (aka super hero) yang mana sang pahlawan mendapatkan ilmu dari sosok macan putih ini.

Dikisahkan, Kinan adalah seorang pelajar SMA tinggal bersama ayah dan seorang adik perempuan bernama Rania. Ibunya wafat dua tahun lalu dalam suatu kecelakaan. Semenjak sang Ibu wafat, Kinan selalu didatangi mimpi yang sama, mimpi didatang seekor macan putih.

Sementara di sekolah, Kinan adalah seorang anak pendiam dan baik hati yang selalu menjadi sasaran kakak kelas. Kinan sering dimarahi dan ditantang untuk membantu melawan musuh dari sekolah mereka.

Hingga suatu saat, Kinan terpojok, seorang diri ditinggal teman – teman dan kakak kelas untuk  menghadapi lawan dari musuh sekolah mereka. Saat itulah datang bantuan dari sang macan putih yang membuat lawan berlarian ketakutan.

Cerita selanjutnya adalah... gak seru deh kalau saya tulis disini. Hayyo beli bukunya! Edisi cetak seharga Rp 39.000 sudah tersedia di toko buku Gramedia. Kalau gak sempat ke toko untuk beli, silakan beli edisi digital seharga Rp 29.000 di gramediana,J

Menarik dari komik ini selain dari ceritanya adalah proses pembuatan yang penuh perjuangan – menurut saya lho. Pembuatan komik ini dilakukan melalui proses kerjasama antara Irfan Ihsan (sang penggagas cerita), Donny Gandakusuma (ilustrator) dan Novita Tesalonika (yang memberikan warna pada gambar komik ini). Irfan menetap di Washington DC, Donny tinggal di Surabaya dan Novita di Bandung serta penerbit di Jakarta.  Melalui jalur email dan chat mereka bekerja sama mewujudkan suatu impian agar komik yang berdasarkan cerita lokal dapat diangkat dan disenangi oleh pembacanya.

Dalam pembuatan suatu proyek seperti ini, tentunya konflik tidak bisa dihindari. Didasarkan atas impian yang saya sebutkan sebelumnya, seminim mungkin mereka usahakan untuk menjaga agar ego masing – masing dapat dijaga. Dan hasilnya adalah jilid pertama ‘Macan Putih’ ini...

Irfan Ihsan adalah seorang broadcaster untuk VoA (Voice of America) setelah sebelumnya bekerja sebagai penyiar di beberapa radio terkemuka di Jakarta. Hobi membaca komik semenjak dari kecil membuat dia memberanikan diri untuk menggagas cerita untuk pasar komik Indonesia. Idenya tersebut dikemukakan kepada Donny yang kemudian membuat ilustrasi dan memberi beberapa  masukan untuk cerita komik ini.

Saya bukanlah seorang penggemar komik sejati, tetapi saya ingat saat masih kecil rajin membaca komik – yang saya ingat adalah ‘Nina’ (saya teringat ini, karena Irfan Ihsan menyebutkan nama ini sebagai salah satu bacaan dia di masa kecil). Melihat gambar – gambar di komik ‘Macan Putih’ ini, saya merasa dimanjakan dengan gambar – gambarnya. Gambar serasa hidup. Seandainya gambar  tersebut dibikin bergerak , pasti akan keren.

Setelah membaca komik ini, saya masih sering membolak – balik halamannya hanya demi memanjakan mata untuk melihat gambar – gambar yang ciamik. Sang ilustrator, Donny ternyata bukanlah pemain baru dalam dunia ilustrasi. Donny sejak SMA sudah sering mengirimkan ilustrasinya untuk pasar komik di Amerika Serikat.

Komik berjudul Macan Putih – Yang Terpilih ini merupakan jilid pertama dari rangkaian cerita yang sudah digagas oleh mereka dan dalam beberapa bulan ke depan, lanjutan dari komik ini siap cetak dan akan tersedia di toko buku. Kenapa dipilih judul ‘Yang Terpilih’? Dalam jilid pertama ini, dijelaskan tentang siapakah sang super hero tersebut,  asal usulnya dan kenapa dia terpilih.

Jujur, di akhir cerita komik ini, ceritanya bikin penasaran. Saya tidak sabar menunggu jilid selanjutnya.

P.S : Untuk Irfan Ihsan, semoga nanti saat launching berikutnya sekalian keluar beberapa jilid ya. Please,  jangan biarkan kami menunggu terlalu lama, hehehe

Sukses untuk komiknya dan semoga akan muncul komik – komik lokal lainnya.

Judul : Macan Putih - Yang Terpilih

Tim Penulis : Irfan Ihsan, Donny Gandakusuma, Novita Tesalonika

Halaman : 50

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 978 – 602 – 03 – 0421 - 2

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline