Lihat ke Halaman Asli

Ega Wati

Bermanfaat, berkualitas, selamat dunia dan akherat

E training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia Mendorong Guru Indonesia Memanfaatkan IT dalam Pembelajaran

Diperbarui: 29 November 2016   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pelatihan IT bagi Guru merupakan kebutuhan pokok di era sekarang. Bagaimana tidak , kemajuan teknologi yang melesat cepat membuat guru mau tidak mau harus mengikuti karena jika tidak maka akan tergilas jauh tak berpotensi. Peserta didik yang tidak buta lagi dengan teknologi akan mencibir jika gurunya tidak kenal IT sama sekali. Dan itu berbahaya karena rasa segan peserta didik akan rendah terhadap keberadaan gurunya. Oleh karena itu IT sangat perlu dikuasai oleh seorang guru masa kini.

Pembelajaran saat ini tidak jamannya ceramah dan menggunakan alat peraga yang hanya bersifat manual. Waktu, biaya dan kondisi ruang kadang harus merubah pola pikir kekinian. Banyak media pembelajaran yang dihasilkan melalui tekhnologi IT. Pada kenyataannya peserta didik lebih tertarik. Selain mengurangi terjadinya verbalisme dalam menyampaikan materi., Media berbasis IT jauh lebih menarik, efektif dan menyenangkan.

Mengikuti DOGMIT merupakan sebuah terobosan untuk mendorong guru melek IT. Setahap demi setahap akan menghasilkan media yang semakin bermanfaat dalam pembelajaran. Jika media pembelajarannya menarik, bukan tidak mungkin peserta didik akan mengikuti pembelajaran dengan baik. Jika peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik, maka prestasinya juga akan baik/ meningkat. Kalau prestasi meningkat kemungkinan akan membawa kemajuan bangsa lebih menjanjikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline