Lihat ke Halaman Asli

Yunica Vira Darmayanti

Mahasiswa Manajemen Universitas Airlangga

Meningkatkan Brand Awarness sebagai Strategi untuk Memperkuat Bisnis

Diperbarui: 16 Juni 2022   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Sebagai seorang entrepreneur tentu perlu memikirkan bagaimana cara agar bisnisnya dapat tetap berjalan serta berkembang. Terutama bagi seorang yang baru saja membuka sebuah bisnis baru, karena persaingan bisnis yang kian lama semakin ketat ini memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis, 

apalagi disaat era pandemic covid-19 saat ini. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam mempertahankan suatu bisnis, dimana salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam memperkuat bisnis adalah dengan meningkatkan Brand Awarness pada konsumen. 

Sebelum itu, kita perlu memahami pengertian dari brand awareness itu sendiri. jadi apa sih brand awarness itu ?

Brand awarness atau dapat diartikan dalam bahasa indonesia sebagai "kesadaran merek" ini merupakan kesadaran konsumen terhadap seberapa akrab dengan produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan baik yang bergerak dalam bidang yang nantinya menghasilkan berupa produk barang maupun jasa. 

Membangun sebuah pemahaman Brand awareness kepada konsumen merupakan strategi penting dan sangat perlu untuk diperhatikan lebih lanjut karena dengan melakukan teknik meningkatkan brand awarness ini, produk yang dikeluarkan dapat melekat pada ingatan calon-calon konsumen yang menggunakan prosuk maupun jasa tersebut. 

Bisa dikatakan bahwa kemampuan konsumen dalam mengenali serta mengingat sebuah produk akan membawa banyak dampak positif. Kesadaran terhadap brand mempengaruhi rasa percaya diri konsumen atas barang atau jasa yang nantinya berdampak terhadap keputusan pembelian. 

brand ini bisa berupa warna yang digunakan, simbol atau logo, maupun slogan yang bisa menjadikan konsumen itu memiliki prespektif tersendiri dan memudahkan untuk mengingat dengan suatu produk barang maupun jasa dari suatu perusahaan. 

Semakin tinggi brand awareness yang dimiliki oleh seorang konsumen maka semakin besar kemungkinan suatu merek atau bran tersebut dipertimbangkan dalam pembelian dan semakin besar pula peluang untuk dipilih oleh konsumen. Untuk membangun brand awareness sendiri dapat dilakukan melalui rangkaian proses promosi dan iklan dengan memanfaatkan teknologi media sosial seperti 

instagram, twitter, atau bisa menggunakan media lainnya. oleh karena itu,brand awarnes memainkan peran yang penting dalam tahapan pemasaran dimana konsumen adalah sasaran atau target pemasaran, dimana membangun sebuah kepercayaan konsumen itu merupakan hal mendasar dalam pemasaran guna memperlancar kegiatan bisnis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline