Lihat ke Halaman Asli

yuniar rosyidah

Pembelajar

Pendampingan Pengelolaan Ecommerce Mitrapurwo.id untuk Optimalisasi Marketing Produk Unggulan UMKM

Diperbarui: 26 Agustus 2023   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan mempromosikan produk melalui ecommerce (sumber: dokumen pribadi) 

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Ibu Neni Wahyuningtyas, M. Pd bersama dengan pemuda Desa Purwojati telah membangun sebuah sistem untuk memfasilitasi UMKM Desa Purwojati. Ecommerce Mitrapurwo.id telah launching sejak tahun 2022 di Purwojati, Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Inovasi ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Purwojati pada saat masa pandemic covid-19. Dimana saat itu UMKM Desa Purwojati mengalami penurunan pendapatan karena adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Maka, dicetuskanlah Ecommerce Mitrapurwo.id sebagai solusi masyarakat dalam memasarkan produk-produknya.

Pendampingan pengelolaan ecommerce mitrapurwo.id (sumber: dokumen pribadi)

Seperti yang kita tahu saat ini PPKM sudah tidak lagi diberlakukan dan keadaan sudah normal kembali. Masyarakat kembali dihadapkan oleh persaingan produk-produk luar negeri yang harganya lebih murah dan akses mudah. Sehingga Ecommerce Mitrapurwo.id menjadi penting untuk membantu optimalisasi pemasaran produk UMKM. Inovasi ini akan beroperasi secara resmi mulai tahun 2023 dengan menggandeng Jailangkung express untuk membantu pengantaran barang kepada konsumen.  Jailangkung express juga merupakan salah satu UMKM Desa Purwojati yang bergerak di bidang jasa. Dengan bersinerginya kedua mitra ini diharapkan memberikan dampak positif bagi UMKM Desa Purwojati. 

Dalam sambutan Sekretaris Desa Purwojati yakni Ibu Ana Wijayanti menyatakan melalui terselenggaranya kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian Universitas Negeri Malang memberikan dampak positif dari UMKM yang awalnya berjalan sendiri-sendiri saat ini dapat saling besinergi kembali untuk memajukan UMKM Desa Purwojati. Selain itu tim pengabdian juga menemukan potensi-potensi produk masyarakat yang selama ini belum masuk dalam pendataan desa. 

Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama dua hari mulai tanggal 5 s.d 6 Agustus 2023 di Balai Desa Purwojati dihadiri oleh 20 peserta UMKM dan perangkat desa.  Masyarakat pelaku UMKM dipandu untuk melakukan install aplikasi, pengaturan dan pengenalan fitur-fitur yang ada dalam ecommerce mitrapurwo.id. Update pada tahun ini yakni pendaftaran pembayaran menggunakan jasa pihak ketiga guna mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi.

Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan membawa produk masing-masing, tujuannya adalah untuk pengelolaan unggahan produk pada ecommerce mitrapurwo.id. Pendampingan ini juga disampaikan cara memotret produk, mengisi deskripsi produk, dan mengedit foto yang akan diposting. Hal ini dilakukan tim pengabdian Universitas Negeri Malang secara detail supaya meningkatkan ketertarikan pembeli untuk melihat produk UMKM.(YR/23)

 

Registrasi Mitra Penjual di Ecommerce Mitrapuro.id (sumber:dokumen pribadi)

Penjelasan kebaruan dan konsistensi produk (sumber dokumen pribadi)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline