Lihat ke Halaman Asli

Mengeksplorasi Aktifitas Budaya dari Beberapa Negara di Dunia Melalui Hobi dan Menjadi Warga Global yang Menghargai Kekayaan Warisan Budaya

Diperbarui: 20 Juli 2024   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar detiktravel.com, https://birkebeiner.no/en/ski/birkebeinerrennet-54-km

Hobi sosial dan budaya menawarkan kesempatan unik untuk terlibat dengan orang lain sambil menjelajahi beragam aktivitas yang memperkaya pertumbuhan pribadi Anda. Baik Anda seorang penghobi berpengalaman atau baru memulai perjalanan, selalu ada sesuatu untuk semua orang. Kita akan melihat lebih dekat dunia hobi sosial dan budaya, membantu Anda menjelajahi berbagai pilihan dan memberi Anda ide hobi yang sesuai dengan minat Anda. Jika berbicara tentang hobi dan minat, kemungkinannya tidak terbatas. 

Beberapa orang menemukan kegembiraan dalam aktivitas budaya, membenamkan diri dalam tradisi, bahasa, dan masakan dari seluruh dunia. Yang lain berkembang dalam hobi sosial, berhubungan dengan individu yang berpikiran sama dan terlibat dalam kegiatan kelompok yang meningkatkan rasa kebersamaan.

Menjelajahi hobi membuka banyak peluang untuk pertumbuhan dan pengayaan pribadi. Hobi memungkinkan Anda memanfaatkan kreativitas, mengembangkan keterampilan baru, dan memperluas wawasan Anda.

Beberapa contoh hobi yang terinspirasi dari berbagai negara didunia

1) Jepang

a) Origami adalah seni melipat kertas Jepang. Dalam penggunaan modern, kata "origami" sering digunakan sebagai istilah inklusif untuk semua praktik melipat, tanpa memandang budaya asal mereka. Tujuannya adalah untuk mengubah selembar kertas persegi menjadi patung jadi melalui teknik melipat dan memahat.

 b) Memelihara Pohon Bonsai

Bonsai dalam ruangan telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Mereka bisa menjadi hadiah yang luar biasa karena mereka berbeda dan mengatakan sesuatu tentang Anda. Kebanyakan dari mereka adalah spesies tropis atau semi tropis. Mereka biasanya membutuhkan banyak cahaya dan suhu serta kelembapan yang cukup konstan. Rahasianya adalah jangan lupa menyiraminya.

c) Kintsugi

Kintsugi adalah seni Jepang yang memperbaiki pecahan tembikar dengan emas, menghasilkan karya baru yang lebih indah daripada sebelum pecah. Secara harafiah artinya menggabungkan dengan emas. Kisah kintsugi gaya tembikar ini mungkin merupakan perwujudan paling sempurna dari seluruh kehidupan kita yang dilanda trauma. Daripada membuang tembikar tercinta yang rusak, kita akan memperbaikinya dengan cara yang tidak berpura-pura. belum rusak tetapi tetap menghargai kerusakan tersebut dan terlebih lagi, yang masih hidup dengan menyorot lapisan yang telah diperbaiki tersebut dengan pernis emas. Kini objek tersebut berfungsi kembali dan bermartabat, tidak dibuang. Ini lebih kuat dan bahkan lebih berharga karena bekas luka emasnya yang diperkuat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline