Lihat ke Halaman Asli

Ketika Kuliah Tidak Menjamin Kesuksesan dan Menjadi Tuntutan Sosial Bahwa Kuliah Mencerminkan Mutu dan Kepandaian Seseorang

Diperbarui: 9 Juni 2024   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi


"Meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi telah menjadi  Jalur yang dituntut secara sosial."

Sebagian orang menganggap kuliah hanya buang-buang waktu saja, karena mereka berpikir sebagian orang bisa sukses tanpa kuliah. dan sebagian orang tidak bisa kuliah karema keterbatasan biaya untuk melanjutkan kuliah. dan Sebagian orang menganggap kuliah itu penting untuk pekerjaan jika ingin menjadi dokter, pengacara, scientist, dll.

Beberapa alasan orang menganggap kuliah terlalu berlebihan :

1) Kuliah tidak mengajarkan kamu bagaimana kamu berpikir.

Ribuan mahasiswa membaca buku yang sama dan diajarkan informasi yang sama oleh seorang dosen yang mungkin tidak pernah bekerja di industri tersebut. Itu adalah skenario rata-rata di sebuah perguruan tinggi. 

"Lingkungan akademik melatih siswa untuk berhasil dalam lingkungan yang spesifik dan terkendali dalam lingkungan buatan."


Di perguruan tinggi, Anda akan bertemu orang-orang dengan pendapat dan gaya hidup berbeda yang akan menantang pemikiran Anda dengan cara baru, Namun tidak perlu kuliah untuk menemukan diri Anda berada dalam lingkungan seperti itu.  Kemungkinan besar Anda akan bertemu orang-orang di lingkungan Anda yang dapat memaparkan Anda pada ide-ide dan cara berpikir baru.

2) Pembelajaran seumur hidup terus-menerus meningkatkan diri  itulah yang akan menentukan kesuksesan.

"Dalam Dunia yang selalu berubah, Perguruan tinggi tidak bersentuhan  dengan kenyataan karena bersifat teoritis"

3) Jaman dan Waktu telah berubah

Ketrampilan atau skills melakukan pekerjaan itu, bukan sertifikat  atau ijazah yang menunjukkan bahwa Anda telah menghabiskan 4 tahun mempelajari suatu topik.

"Gelar sarjana masih bisa menjadi investasi yang bagus,  namun sukses di manapun  mungkin terjadi tanpa harus kuliah selama beberapa tahun jika fokus dan konsistensi."

4) Informasi dan pendidikan relative murah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline