Lihat ke Halaman Asli

Yuni saputri

Mahasiswa Universitas Mataram

Pemanfaatan Limbah Kulit Manggis Menjadi Serbuk Kulit Manggis oleh KKN Tematik Desa Karang Bayan

Diperbarui: 7 Februari 2023   07:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Dok Pribadi

Kelompok KKN TEMATIK UNRAM Desa Karang Bayan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat telah memperkenalkan manfaat kulit manggis kepada masyarakat setempat guna mengatasi limbah kulit manggis yang dilakukan pada kamis, 2 januari 2023.

Desa Karang Bayan terletak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Desa ini memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah terutama di bidang pertanian seperti pertanian manggis, durian, rambutan dan pertanian lainnya sehinga mayoritas masyarakat karang bayan berprofesi sebagai petani. Tanaman manggis di Desa Karang Bayan banyak ditanam di perkebunan dan pekarangan rumah warga, sehingga tanaman ini sangat mudah kita temui. 

Buah manggis ini sendiri biasanya di panen dua kali setahun sehingga manggis ini bisa di bilang buah musiman. Buah ini memiliki peminat yang cukup banyak dan harganya bisa dibilang cukup mahal juga. 

Akan tetapi pemanfaatan buah manggis hanya terbatas pada daging buahnya saja yang dikonsumsi, sehingga menghasilkan limbah kulit manggis yang tidak dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja. 

Melihat hal tersebut, Mahasiswa KKN TEMATIK Desa Karang Bayan yang dibimbing oleh Dr. Kurniawan Yuniarto, S.TP., MP. melakukan inovasi dengan memanfaatkan limbah kulit manggis dan diolah menjadi serbuk kulit manggis. Pemanfaatan limbah kulit manggis menjadi serbuk kulit manggis diharapkan dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat setempat.

Kulit manggis diketahui mengandung senyawa antioksidan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan juga dapat membantu mengobati kerusakan sel akibat oksidasi radikal bebas, menghambat proses penuaan, serta mencegah penyakit degeneratif. Selain itu, kulit manggis juga bermanfaat sebagai anti peradangan, anti jamur, anti diabetes, anti kanker, anti inflamasi, serta antivirus. 

Melihat banyaknya manfaat dari kulit manggis, menjadikan produk serbuk kulit manggis memiliki potensi yang tinggi sebagai produk kesehatan. Kulit manggis yang telah diolah menjadi serbuk, menjadikannya lebih mudah untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Pengenalan inovasi ini dilakukan melalui pertemuan dengan warga setempat yang di lakukan pada hari kamis, 2 januari 2023 yang menargetkan masyarakat Desa Karang Bayan untuk mengoptimalkan pemanfaatan limbah kulit manggis sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai jual. Kegiatan ini di sambut baik oleh masyarakat desa karang bayan khususnya Dusun Berembeng Timur terbukti dengan antusias warga yang ingin lebih tahu manfaat kulit manggis. Selain itu juga Mahasiswa KKN TEMATIK UNRAM Desa Karang Bayan memperkenalkan produk SERKUMA (Serbuk Kulit Manggis).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline