Anak merupakan anugerah yang titipkan oleh tuhan untuk dijaga dan diberi kasih sayang oleh orang tua.Orang tua memiliki banyak peran yang berbeda dalam kehidupan masing-masing anak,termasuk menjadi guru,teman bermain,pengasuh dan figur panutan.
Dari semua peran yang dimainkan oleh orangtua untuk kehidupan anaknya,ada salah satu peran yang paling penting dalam memperdiksi kemampuan sosial dan emosional anak kedepannya yaitu peran sebagai figur panutan.Peran figur panutan ini dapat berpengaruh secara maksimal selama masa perkembangan attachement pada anak.
Selanjutnya saya akan membahas tentang apa itu attachment?? Pasti ada diantara teman-teman yang belum mengenal apa itu attachment atau belum sama sekali mendengar kata attachment itu sendiri.
Attachment merupakan ikatan atau hubungan yang kuat dalam jangka panjang dalam perkembangan antara orang tua dan anak. Dan attachment juga merupakan ikatan emosional yang bertahan lama,yang ditandai adanya keinginan anak untuk mencari dan memelihara dengan orang tertentu.
Sejak anak dilahirkan didunia,kelekatan yang dimiliki oleh anak dengan orang tua akan berkembang sebagai respon atau tanggapan terhadap cinta dan perhatian yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya.Ketika seorang anak menangis dan orang tua selalu merespon kebutuhan si anak dengan baik seperti memeluknya,maka disitulah kelekatan emosional anak dengan orang tua mulai terbentuk,dan sebaliknya jika seorang anak menangis dan orang tua kadang merespon,kadang tidak merespon maka anak akan merasa ia tidak dicintai dan tidak dapat mengandalkan orang tuanya.
Seorang anak yang memilki attachment yang baik,biasanya memilki ciri-ciri:
- Mudah akrab dengan orang lain
- Dapat menyelesaikan masalah dengan mudah
- Berani mencoba hal-hal yang baru
- Mudah mengendalilkan emosi dengan baik.
Hubungan attachment antara orangtua dan anak mengarahkan pada aspek-aspek hubungan yang berfungsi pada anak untuk menghadapi stres dan menumbuhkan rasa aman.Kemampuan anak dalam mengatur perasaan yang menyakitkan,mengancam dan mencemaskan dalam attachment merupakan dasar untuk tumbuhnya kebebasan anak dalam mengahadapi dunia.
Jika ada gangguan pada attachment,anak akan mengalami stress.Menurut keterangan dari Rini Hildayani dalam acara peluncuran modul pendidikan versi 2 di Jakarta, menyatakan bahwa anak yang berusai 0-2 tahun merupakan masa yang sensitif atau peka untuk pembentukan ikatan emosional antara orang tua dan anak.
Setiap orang,baik itu anak-anak maupun orang dewasa pasti membutuhkan proses attacment yang baik dan normal,agar mereka bisa memebentuk ikatan emosional yang baik dengan orang lain.Salah seorang ilmuwan yang bernama Goldverb dan Levy melakukan studi dan mendapatkan informasi yang baru bahwa anak yang dibesarkan dipanti asuhan atau anak yang kehilangan sosok seorang ibu memiliki masalah pertumbuhan,perkembangan kognitif,perkembangan bahasa,makan dan tidur,perilaku agresif,dan hiperakitf yang menarik perhatian dan ramah terhadap orang asing lebih menarik dibanding dengan anak-anak yang dirawat oleh orang tuanya sendiri.Hal ini sangat menarik untuk dicatat dalam studi Tizard's pada tahun 1970 pada anak di panti asuhan yang diasuh selama 4 tahun pertama kehidupannya,mereka yang menghabiskan 3 tahun pertama seluruhnya dipanti asuhan dengan sekitar 50 pengasuh yang berbdea setiap minggu,sehingga memperlihatkan pengembangan hubungan attachment yang selektif. Dengan adanya hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan (Resiliency) pada anak-anak dan kemungkinan mengalami terjadinya gangguan attachment.
Reactive Attachment Disorder (RAD) merupakan gangguan pada attachment,gangguan ini didefinisikan sebagai gangguan interaksi dan hubungan sosial akibat dari pola pengasuhan yang tidak memadai atau seorang anak yang sulit akrab dengan orang lain,seperti menelantarkan kebutuhan fisik dan emosional dasar anak atau sering mengganti pengasuh sehingga menghalangi ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.