Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Efektivitas Mesin, Mahasiswa KKN Undip Berikan Penyuluhan Perawatan Mesin Industri

Diperbarui: 13 Agustus 2023   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan materi terkait perawatan mesin industri kayu (Dokpri)

Bendosari, Desa Sidorejo, Kab.Sukoharjo (11/08/2023)

Perawatan mesin industri merupakan proses penting dalam menjaga kinerja optimal, efisiensi, dan keandalan mesin-mesin yang digunakan dalam berbagai proses produksi dan manufaktur. Tujuan dari perawatan pada industri mencegah kerusakan yang tidak terduga, mengurangi downtime produksi, meningkatkan umur pakai mesin, dan mengoptimalkan hasil produksi.

KKN TIM II Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2022/2023, Yuni Puji Lestari selaku mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Sidorejo melakukan sebuah program agar suatu peralatan atau sistem pada mesin industri kayu dapat bekerja secara optimal dan mampu dioperasikan dalam jangka waktu tertentu secara kontinuitas sesuai dengan rencana tanpa mengalami gangguan atau kerusakan. 

Dalam pemeliharaan suatu sistem peralatan perlunya memperhatikan jenis dan metode yang digunakan dalam perawatan tersebut. Penentuan jenis perawatan seringkali membertimbangkan beberapa hal seperti kondisi kerja peralatan, sumber daya manusia, biaya perawatan dan spesifiksi alat itu sendiri. Pemilihan program ini berdasarkan dari hasil survey yang telah ditemukan.

Mengingat hal ini mahasiswa KKN Undip memberikan penyuluhan Perawatan Mesin industri kayu. Diharapkan para pekerja bisa mengerti sehingga bisa meningkatkan aspek perawatan dan pemeliharaan mesin kayu agar menciptakan kondisi kerja sebaik-baiknya, sekaligus mempertahankan kondisi sarana dalam perawatan berupa : alat-alat, mesin dan perlengkapan agar pelaksanaan kegiatan produksi, keamanan.

Selain memberikan penyuluhan, mahasiswa juga memberikan leaflet modul “Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Pada Industri kayu di Desa Sidorejo”

Pelaksanaan program monodisiplin “penyuluhan Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Industri Kayu di Desa Sidorejo” telah terlaksana dengan baik bersama pekerja. Pihak pekerja menerima dan juga dapat lebih memahami teknik-teknik pemeliharaan. Harapannya dengan adanya program ini dapat menjaga kualitas pada tingkat yang tepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri, dan kegiatan produksi yang tidak terganggu sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lancar.

Penulis :Yuni Puji Lestari– Program Studi Rekayasa Perancangan Mekanik

DPL : - Drs. Hartono, M.T NIP. 195912291986091001

Ir. Denis, S.T.,M.Eng NIP. 199104172018071001

Muhammad Ghazi Agam Sas, S.P., M.Si NIP. H.7.1996062022041001

Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline