Lihat ke Halaman Asli

Yuni Kartika

Mahasiswa

Peran Teknologi Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Era Globalisasi

Diperbarui: 2 Mei 2021   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis: Yuni Kartika 

Nim : 1081011500292

Semester : VI 

Prodi : FKIP/ PPKN Universitas Pamulang

Di dalam kehidupan manusia sehari-hari kita tidak akan terlepas dengan yang namanya belajar. Belajar tidak pernah mengenal usia dan tidak akan ada batasnya. Selama masih hidup di dunia manusia akan mengalami sebuah proses pengalaman demi pengalaman. Dan pada hakikatnya belajar adalah sebuah perubahan relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Begitu pun dengan dunia pendidikan yang di tempuh manusia untuk mempersiapakn diri dalam kehidupan yang akan datang baik secara formal maupun informal.

Di dalam dunia pndidikan itu sendiri belajar adalah sebuah proses akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa itulah yang merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Di dalam sebuah proses pembelajaran subyek dari interaksi nya adalah guru dan siswa. Dan di dalam hal ini seorang guru sebagai pemegang peran utama.  

APA ITU KURIKULUM?

Di dalam pendidikan itu sendiri terdapat kurikulumnya. dan kurikulum ini bisa di bilang sebagai jantungnya pendidikan. Seorang guru sebagai peran utama dalam proses belajar mengajar harus memiliki sebuah landasan atau dasar sebagai bahan ajar dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

 Apa itu kurikulum? Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. 

Seorang guru yang profesional adalah guru yang dapat mempersiapkan segala sesuatunya dalam sebuah proses belajar mengajar di dalam kelas. Termasuk sebuah kurikulum. kurikulum yaitu berisi sebuah rancangan untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam suatu pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan atau di sampaikan oleh seorang guru kepada siswanya.

LALU APA FUNGSI KURIKULUM BAGI GURU DAN SISWA?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline