Lihat ke Halaman Asli

Yuni Maghfiroh

Mahasiswa S1

Zat Gizi Penting untuk Hadapi Covid-19 Varian Omicron

Diperbarui: 13 Januari 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok KEMENKES

SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 terus bermutasi membentuk varian baru. Varian terbaru yang terdeteksi adalah varian Omicron yang disebut varian B.1.1.529. Varian tersebut pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan pada 24 November 2021, dan kini telah menyebar secara global. 

Berdasarkan Jurnal Biomedika dan Kesehatan (Amalia, 2020), efektifitas vaksin COVID-19 terhadap varian ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun ada yang menyatakan bahwa efektivitasnya menurun. 

Pemberian 2 dosis vaksin Pfizer hanya memberikan perlindungan sebesar 33% terhadap infeksi Omicron, bahkan di Afrika Selatan efektivitasnya menunjukkan penurunan sampai 80%. 

Penelitian terhadap booster vaksin Pfizer menunjukkan efektivitas sebesar 75% pasca 2 minggu penyuntikkan (93% terhadap varian Delta).

Varian Omicron memberikan kecepatan transfer hingga 5 kali lipat dari varian sebelumnya, termasuk varian Delta. Namun, penulis lain mengatakan tidak ada cukup bukti bahwa varian ini dapat menyebar lebih cepat daripada varian Delta.

Penularan dapat dicegah dengan protokol kebersihan yang ketat dan vaksinasi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, pencegahan selalu menjadi kuncinya. Tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, yaitu penggunaan masker yang tepat, kebersihan tangan, jarak fisik, peningkatan ventilasi ruangan, penghindaran keramaian dan vaksinasi. 

Namun, dengan masyarakat menghadapi varian baru virus corona dan belum ditemukan obat yang terbukti sejauh ini, maka imunitas tubuh menjadi penting. 

Nah, salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan menjaga kesehatan melalui pola makan yang baik dan sehat. Berikut nutrisi penting yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap varian Omicron COVID-19:

1. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, memberikan perlindungan terhadap infeksi dengan menjaga kesehatan permukaan kulit dan jaringan di mulut, lambung, usus dan sistem pernapasan. Bahan makanan yang kaya akan vitamin A antara lain: wortel, kuning telur, ubi jalar, daun singkong, brokoli, bayam, dan dari bahan makanan yang diperkaya dengan vitamin A seperti sereal dan susu. 

2. Vitamin C

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline