Lihat ke Halaman Asli

Yunengsih

Pendidik

Refleksi Imajinasiku tentang Murid di Masa Depan

Diperbarui: 27 April 2024   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Mulai dari diri

Refleksi Mandiri 1

"Imajiku tentang murid di masa depan"

Gambaran murid yang saya dambakan

  • Religius
  • Menumbuhkan karakter akhlak mulia
  • Melahirkan kesadaran dalam memilah sampah
  • Melahirkan kesadaran tentang pengelolaan sampah, maka permasalahan sampah kedepanya bisa teratasi, dan justru akan mengubah sampah menjadi bernilai.
  • Kreatif untuk mengahasilkan inovasi
  • Siswa dapat mengahasilkan sebuah karya, sehingga diharapkan kedapnnya karya-karya yang telah dipelajari dapat membuat inspirasi siswa untuk dimasa depan, sehinnga siswa dapat berkarya dan bisa membuka lapangan usaha untuk warga sekitar.
  • Menumbuhkan literasi siswa
  • Literasi bukan hanya membaca dan menulis, tapi mendengarkan, bercerita, mendongeng termasuk kedalam literasi. Tujuan menumbuhkan literasi siswa diharapkan, siswa dapat menggali potensi dalam diri, bisa melihat dunia luar, melalui dunia literasi siswa dapat menyaring sebuah berita sehingga tidak termakan kabar yang belum, dan melalui dunia literasi bisa mengasah bakat siswa tentang sastra.
  • Menumbuhkan karakter keragaman.
  • Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam, jika sejak dini siswa tidak ditumbuhkan karakter keragaman, maka kedepannya akan mudah untuk diadu domba. Menyadarkan siswa tentang keragaman, bagaimana kita bisa saling menghargai ditengah-tengah perbedaan. Kata persatuan ada bukan untuk menghilangkan keragaman, tapi persatuan ada karenanya ada perbedaan.
  • Pembelajaran berbasis teknologi.
  • Sesuai dengan filosopi KHD mengajarkan anak sesuai zaman, maka Pembelajaran berbasis teknologi Untuk menyiapkan siswa untuk menghadapi tantangan kedepan, yang saat ini sudah mulai tenaga manusia diganti dengan teknologi.

Dokumen milik pribadi

Untuk mewujudkannya maka guru harus....

Menjadi contoh/teladan dan agen transformasi bagi murid dan ekosistem pendidikan

Menciptakan pemebelajaran yang berpihak pada murid

Mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik

Mengenal karakteristik murid

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline