Lihat ke Halaman Asli

Sekilas tentang Car Free Day Pandaan

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14324614531411891366

Car Free Day (CFD) dimulai pukul 06.00 namun saya berangkat pukul 06.30 wib. Masih belum terlalu banyak orang yang datang. CFD Pandaan bisa lebih disebut pasar minggu. Mengapa saya bilang demikian? Karena dipenuhi oleh para pedagang yang setiap CFD digelar selalu makin bertambah. Lebih dari seratus pedagang yang menjajakan dagangannya disana. Para pedagang terdiri  dari pedagang makanan, minuman, jajanan,pakaian, batu akik hingga berjualan hewan seperti ikan dan ayam.

[caption id="attachment_419749" align="aligncenter" width="448" caption="Suasan CFD Pandaan"][/caption]

Ada senam di depan BCA dikhususkan untuk gerakan sederhana. Kebanyakan bagi para manula mengikuti senam disini. Lain halnya di depan Ikan Bakar Cianjur yang lebih di khususkan gerakan aerobik cepat.

Berbagai komunitas juga berkumpul disini diantaranya

1.  Komunitas Pecinta Reptil Pandaan

2. Komunitas Skateboard

3. Komunitas Pecinta sepeda onthel

4. Komunitas Olahraga sepeda

5. Komunitas klorofil

Selain itu juga ada hal yang menarik perhatian yaitu Fashion street remaja Pandaan yang menurut saya seperti fashion ke mall. Tentu tidak semua seperti itu. Sudah tersedia bak sampah di beberapa titik hanya saja jaraknya masih terlalu jauh. Terpaksa kadang para pengunjung membuang sampah di bahu jalan. Di area keramaian tentu saja banyak dijumpai pengemis. Ada satu hal yang lucu tentang ini yaitu pada saat saya mengira seorang pengemis tidak bisa berjalan ternyata orang itu bisa berjalan dan berpindah kesisi jalan yang lain. Ada juga pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh SMK Kesehatan di wilayah Pandaan. Pemeriksaan gratis berupa cek darah dan tensi. Untuk pemeriksaan bebayar contohnya untuk pemeriksaan kolesterol dll. Pemasaran produk minuman ternama dengan berbagai penawaran diantaranya dengan membayar sepuluh ribu rupiah mendapatkan empat item. Juga ada pemasaran bank di Pandaan. Mereka membuka gerai di depan bank mereka biasa beroperasi.

CFD juga dapat berfungsi sebagai arena bermain keluarga mengingat sedikitnya taman di Pandaan. Maka CFD merupakan hal yang tepat membuat anak kita senang. Selain itu banyak muda mudi yang berpacaran.

Setiap diadakan CFD selalu pedagang bertambah. Hal ini juga yang menyebabkan orang yang ikut senam kurang leluasa bergerak karena takut menabrak orang yang berlalu lalang. Selain itu CFD juga bisa dijadikan ajang silaturrahmi karena kita bisa bertemu sahabat lama. Sisi jalan dipenuhi pedagang dan setiap digelar akan banyak pedagang baru. Pertunjukan topeng monyet dan odong odong juga tak ketinggalan. Khusus untuk topeng monyet sangat mengganggu pejalan kaki yang berlalu lalang karena diadakan di tengah jalan. Drumband dengan banyak badut yang meminta sumbangan yang mengelilingi jalan. Ada juga yang berjalan sambil menggunakan helm karena takut hilang tentu saja.Musti selektif memilih makanan dan minuman karena banyak yang dijual merupakan makanan yang kurang sehat. Ajang selfie bagi para muda mudi. Tongsis dan sabun colek.

Tersedia area parkir terbuka dan tertutup. Untuk area parkir terbuka kita tinggal berjalan beberapa langkah untuk ke area CFD. Untuk area parkir tertutup kita harus berjalan sedikit lebih jauh untuk ke area CFD. Pasangan tua juga banyak yang kita temui.Ada juga komunitas GGS (Ganteng - ganteng Skaters) yang membuat remaja perempuan histeris. Biasanya ada live music dangdut tapi bukan dua minggu sekali melainkan sebulan sekali. Pukul 08.30 acara resmi ditutup oleh polisi.

Berharap ada perbaikan lagi dan pengelolaan pedagang sehingga tidak terlalu menumpuk dan membuat peserta CFD semakin nyaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline