Lihat ke Halaman Asli

Mahaldi Unanda

Universitas Pendidikan Indonesia

Program "Kiara Payung Go To Aufklarung" pada Bulan Ramadhan di Desa Cipada, Kabupaten Bandung Barat

Diperbarui: 3 Juni 2023   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Dengan Dilaksanakannya Project Based Learning (PJBL) Agent Of Change (AOC) Prodi Pendidikan Sosiologi P2MB Universitas Pendidikan Indonesia, Reswara Sadawira itulah nama dari kelompok Agent Of Change ini  menjadi salah satu kelompok dari program Agent Of Change (AOC) yang membentuk program berupa kegiatan pemberdayaan masyarat yang berfokus pada bidang peternakan yang diistilahkan dengan "Kiara Payung Go To Aufklarung". 

Makna dari istilah Kiara Payung Go To Aufklarung adalah, Kiara Payung diambil dari nama daerah RW 3 Desa Cipada karena kegiatan ini berfokus pada RW 3 dan Aufklrung apabila diartikan menggunakan Bahasa Jerman berarti pencerahan. Dengan demikian, Kiara Payung Go To Aufklarung bermakna dari Kiara Payung membawa pencerahan kepada masyarakat setempat.  

Program ini dilaksanakan di Desa Cipada, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Di sela-sela pelaksanaan program, juga dilaksanakan kegiatan-kegiatan pendukung yang ditujukan kepada masyarakat Desa Cipada. Salah satu kegiatan tersebut adalah ibadah sosial berupa berbagi makanan kepada Masyarakat Desa Cipada pada bulan Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2023.

Pada pelaksanaannya, kegiatan ibadah sosial ini disiapkan sepenuhnya oleh anggota kelompok reswara sadawira. Dimulai dari belanja bahan masakan, memasak bersama-sama, hingga membagikannya kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar rasa kebersamaan di dalam kelompok dapat terjalin dengan baik dan menumbuhkan kesadaran kepada setiap anggota kelompok akan rasa keanggotaannya sebagai anggota dari kelompok reswara sadawira.  Dalam proses kegiatannya, dibarengi dengan kegiatan perkenalan program "Kiara Payung Go To Aufklarung" kepada masyarakat Desa Cipada yang dilaksanakan di kantor Desa Cipada. Untuk menu yang disiapkan dalam kegiatan berbagi ini yaitu, telur balado, mie goreng, sayur, dan takjil sebagai menu pelengkap buka puasa. Makanan ini dikemas menjadi nasi kotak, saat berlangsungnya kegiatan masyarakat sangat senang dan antusias dengan kegiatan ibadah sosial ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki tingkat perekonomian menengah kebawah agar bisa merasakan nikmatnya berbuka puasa dengan menu yang disediakan oleh kelompok reswara sadawira. Hal ini menjadi wadah pembuktian rasa empati dan peduli yang dimiliki oleh kelompok reswara sadawira terhadap masyarakat Desa Cipada. Mengingat anggota kelompok reswara sadawira memiliki kepandaian dalam memasak maka ini menjadi salah satu alasan bagi kelompok reswara sadawira untuk menyiapkan makanan yang akan dibagikan kepada masyarakat Desa Cipada.

Berhubung dengan dilaksanakannya kegiatan perkenalan program yang akan dilaksanakan oleh kelompok reswara sadawira di Desa Cipada, maka ini menjadi kesempatan untuk melangsungkan kegiatan ibadah sosial kepada masyarakat. Akan tetapi, lokasi penyajian makanan dengan kantor desa yang lumayan jauh sedikit menyulitkan kelompok reswara sadawira untuk mendistribusikan makanan kepada masyarakat, karena pembagian makanan kepada masyarakat dilaksanakan di kantor desa. Walaupun demikian, tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik atas kerja keras dan solidaritas anggota kelompok reswara sadawira.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline