Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Procedure Text dengan Mengintegrasikan TPACK Berupa Game Edukasi Wordwall
PENDAHULUAN
1. SITUASI
- Situasi yang melatar belakangi masalah adalah:
Pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata Pelajaran baru bagi siswa kelas VII semester ganjil. Hal ini menimbulkan asumsi bahwa mata Pelajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing sulit untuk dipelajarari. Dengan adanya asumsi tersebut, rendahnya penguasaan kosa -- kata serta prakonsep yang terjadi pada Sebagian besar siswa kelas VII, mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk belajar sehingga siswa cenderung kurang aktif.
Media berbasis teknologi digital merupakan hal yang tidak asing bagi peserta didik sebagai Gen Z. Secara umum mereka terbiasa dan difasilitasi dengan perangkat dan aplikasi aplikasi digital dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Inggris guna mencapai tujuan pembelajaran.
- Praktik Baik ini perlu untuk dibagikan dengan alasan:
Selain sebagai pengalaman yang bisa meningkatkan motivasi penulis untuk terus belajar dan mengembangkan diri guna mengoptimalkan pembelajaran, hal ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi alternatif referensi yang dapat di gunakan oleh pembaca atau rekan guru yang lain.
2. TANTANGAN
2.1. Tantangan dari Peserta Didik
- Adanya miskonsepsi atau prakonsep yang di bawa oleh siswa bahwa bahasa Inggris adalah Pelajaran baru yang sulit dipelajari
- Rendahnya penguasaan kosa kata Sebagian besar siswa kelas 7
- Belum terbiasa berbicara tentang suatu topik dalam pembelajaran pembelajaran
2.2. Tantangan yang berasal dari guru
Belum optimal menganalisis gaya belajar dan karakter siswa serta cenderung mengutamakan penyelesaian materi dari pada proses pembelajaran