Lihat ke Halaman Asli

Yuliani

Mahasiswi

Perlengkapan Penting Mahasiswa Baru: Apa Aja yang Harus Dimiliki dan Dibawa?

Diperbarui: 17 Agustus 2024   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh Katerina Holmes: https://www.pexels.com/id-id/foto/ruang-kelas-dengan-papan-tulis-dan-meja-dengan-alat-tulis-5905441/ 

Kamu telah masuk ke dunia kampus sangatlah berat, sebelum menghadapi tantangan dalam dunia kampus kedepannya, kamu memerlukan persiapan yang matang. Salah satunya memastikan perlengkapan yang dibutuhkan dalam mendukung selama proses belajar dan kehidupan selama kamu di kampus. Di bawah ini list alat dan perlengkapan yang harus kamu bawa dan kamu siapkan sebelum masuk ke dunia kampus untuk meraih kesuksesan di kampus.

1. Laptop atau Tablet

Kamu sebagai mahasiswa selama di kampus, membutuhkan laptop atau tablet untuk menyelesaikan tugas, laporan ataupun mengikuti kelas secara online. Pilihlah perangkat yang sesuain dengan kemampuanmu terutama dalam hal daya tahan baterai yang cukup baik dan juga cukup ringan jika dibawa kemanapun.

2. Notebook atau Alat Tulis

Perlengkapan ini menjadi penting selama kamu di kampus walaupun teknologi sudah berkembang sampai sekarang. Notebook atau alat tulis berguna untuk mencatat selama kamu perkuliahan baik kelas maupun kegiatan organisasi, membuat sketsa ide, merangkum materi. Kamu wajib memiliki pensil, pulpen, highlighter, dan sticky note.

3. Organizer atau Planner

Dalam mengelola waktu kamu harus sesuainkan dengan keadaan dan kondisi kamu selama di kampus. Dalam mengelola waktu menjadi kunci sukses kamu di kampus, mulai dari kapan kamu kelas, mengerjakan tugas, istirahat, belajar, nongkrong dengan teman, maupun kegiatan organisasi ataupun kegiatan lainnya. Dalam mengelola waktu organizer atau planner kamu dapat menggunakan berbagai apilkasi digital seperti google calender, todolist, notion, forest, dan sebagainya yang menjadi alternatif yang praktis.

4. Ransel yang Nyaman

Gunakan ransel yang nyaman dan memiliki banyak kegunaan di dalamnya yang dapat membantu kamu membawa semua perlengkapan selama perkuliahan. Dengan begitu kamu akan lebih teratur dan rapih ketika menggunakan perlengkapan yang ada. Pastikan juga ketika kamu membeli ransel dapat menampung segala perlengkapan kamu seperti laptop, buku catatan, alat tulis, dan perlengkapan lainnya.

5. Flash Disk, Flash Drive atau Hard Drive Eksternal

Selama kamu kuliah, pastikan kamu memiliki flash disk ataupun penyimpanan secara online. Penyimpanan yang dapat menyimpan data secara aman untuk data yang sangat penting. Flash disk dapat digunakan selama kamu mengerjakan tugas untuk mencetaknya. Sedanglan flash drive atau hard drive eksternal dapat mencadangkan file-file penting selama perkuliahan seperti tugas, presentasi dan catatan kuliah lainnya.

6. Botol Minum dan Kotak Makan

Jangan ragu kamu membawa perlengkapan satu ini, jangan malu jika dianggap masih anak SMA yang selalu membawa bekal. Tunjukkan saja apa kegunakan bend aini sangatlah bermanfaat yaitu menjaga Kesehatan fisik yang tak boleh diabaikan oleh mahasiswa. Bawa botol minum dan kotak makan tujuannya agar kamu tidak dehidrasi dan bisa makan makanan sehat sepanjang hari. Untuk kamu yang ngekost atau tidak tinggal dengan orang tua dapat mengirit uang bulanan kamu lohh.

7. Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan ini yang sering diperlukan. Misalnya perlengkapan pribadi yang sering dibawa yaitu membawa obat-obatan pribadi. Selain itu, kamu dapat membawa kebersihan pribadi berupa cuci muka, perlengkapan make up dan perlngkapan lainnya yang kamu butuhkan.

8. Headset atau Earphone

Dua perlengkapan ini sangat berguna ketika kamu sedang bosan dapat mendengerakan musik untuk bersantai, mendengarkan materi perkuliahan secara online, ataupun berhubungan dengan keluarga dan teman-teman.

9. Power Bank

Dengan padatnya jadwal kuliah, kamu perlu membawa power bank yang tidak perlu akses ke colokan Listrik. Power bank ini juga memastikan perangkat yang kamu bawa tetap terisi daya sepanjang hari tidak mengkhawatirkan handphone mati karena harus di charger.


Jika kamu Memiliki alat dan perlengkapan yang tepat membantu berbagai aktivitas selama kamu kuliah lebih lancar. Siapkan semua keperluan yang terbaik untuk kamu dalama mempersiapkan semuanya. Agar siap menghadapi berbagai tantangan yang akan datang. Dengan persiapan yang matang, masa kuliah kamu akan menjadi pengalaman yang berharga dan menyenangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline